Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Toko Mubarok Jaya Probolinggo

Rizqi Kafabillah, Ahmad (2025) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Toko Mubarok Jaya Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD RIZQI KAFABILLAH_205103050004.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ahmad Rizqi Kafabillah, 2025 : “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Toko Mubarok Jaya Probolinggo”
Kata Kunci: Kepuasan, Konsumen, Toko Mubarok Jaya
Penelitian ini menyelidiki kepuasan konsumen terhadap Toko Mubarok Jaya di Probolinggo. Studi ini didasarkan pada psikologi konsumen, yang meneliti bagaimana individu berpikir, merasa, dan bertindak ketika memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi produk atau layanan. Kasus yang ada pada penelitian ini bermula dari adanya toko Mubarok Jaya yang mana toko ini cenderung lebih ramai dari pada toko lain di sekitar toko Mubarok Jaya. Walaupun produk yang dijual sama, dan sama-sama terletak di pinggir jalan raya, tapi kondisi toko lain di sekitar toko Mubarok Jaya tidak seramai toko Mubarok Jaya.
Penelitian ini berfokus pada : 1) Bagaimana kepuasan konsumen terhadap toko mubarok Jaya Probolinggo? 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap toko mubarok jaya Probolinggo ?. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kepuasan konsumen terhadap Toko Mubarok Jaya Probolinggo. 2) Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap toko Mubarok Jaya Probolinggo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan jenis penelitian naratif deskriptif. Metode pengumpulan data termasuk wawancara mendalam dengan konsumen, pemilik toko, dan karyawan, serta observasi dan dokumentasi. Analisis data melibatkan pengurangan, tampilan, dan pengambilan kesimpulan, dengan kredibilitas data dipastikan melalui pengamatan yang diperluas dan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen di Toko Mubarok Jaya terutama didorong oleh kualitas layanan, kualitas produk, dan harga yang kompetitif. Meskipun promosi formal terbatas, rekomendasi dari mulut ke mulut yang positif secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian dan menumbuhkan loyalitas pelanggan yang kuat. Hal ini mengarah pada perilaku pembelian kembali yang konsisten dan keengganan untuk beralih ke pesaing, yang mencerminkan tingkat kepuasan konsumen yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Ahmad Rizqi Kafabillah
Date Deposited: 19 Dec 2025 01:51
Last Modified: 19 Dec 2025 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50321

Actions (login required)

View Item View Item