Habibi, Moh.Yusil Amri (2025) Pemanfaatan Situs Benteng Kedawung Sidomekar Semboro Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Semboro Jember Tahun 2024-2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Moh.Yusril Amri Habibi_201101090008.pdf Download (21MB) |
Abstract
Moh.Yusil Amri Habibi, 2025 : “Pemanfaatan Situs Benteng Kedawung Sidomekar Semboro Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Semboro Jember Tahun 2024-2025”.
Kata Kunci: Situs Benteng Kedawung Sidomekar, Sumber Belajar.
Berdasarkan konteks penelitian yang sudah diuraikan tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih jauh tentang situs benteng kedawung sidomekar sebagai sumber belajar. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pemanfaatan Situs Benteng Kedawung Sidomekar Semboro S3bagai Sumber Belajar Peserta Didik di Smp Negeri 1 Semboro Jember Tahun 2024-2025”.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana pemanfaatan Situs Benteng Kedawung Sidomekar Semboro sebagai sumber belajar sejarah di SMP Negeri 1 Semboro Jember tahun pelajaran 2024–2025? 2). Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pemanfaatan Situs Benteng Kedawung Sidomekar Semboro sebagai sumber belajar sejarah bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Semboro Jember? 3). Bagaimana dampak pemanfaatan Situs Benteng Kedawung Sidomekar Semboro terhadap minat belajar dan pemahaman sejarah peserta didik di SMP Negeri 1 Semboro Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan pemanfaatan Situs Benteng Kedawung Sidomekar Semboro sebagai sumber belajar sejarah di SMP Negeri 1 Semboro Jember tahun pelajaran 2024–2025. 2). Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan Situs Benteng Kedawung Sidomekar Semboro sebagai sumber belajar sejarah bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Semboro Jember. 3). Mendeskripsikan dampak pemanfaatan Situs Benteng Kedawung Sidomekar Semboro terhadap minat belajar dan pemahaman sejarah peserta didik di SMP Negeri 1 Semboro Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan jenis ini karena merumuskan permasalahan atau fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat. Meliputi hubungan, sikap, kegiatan, pandangan, serta proses yang sedang berlangsung dan juga dampak dari suatu fenomena.
Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan: 1). Pemanfaatan Situs Benteng Kedawung sebagai sumber belajar sejarah telah diterapkan melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Merdeka Belajar. Guru mengintegrasikan situs tersebut dalam proses pembelajaran melalui kunjungan edukasi yang mencakup observasi langsung terhadap bangunan benteng, lingkungan sekitar, serta wawancara dengan warga atau tokoh masyarakat 2). Faktor pendukung pemanfaatan situs sebagai sumber belajar meliputi lokasi Benteng Kedawung yang dekat dengan SMP Negeri 1 Semboro serta tingginya antusiasme siswa dalam pembelajaran 3). Dampak pemanfaatan Situs Benteng Kedawung terhadap minat dan pemahaman sejarah peserta didik menunjukkan hasil yang positif. Siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pelajaran sejarah, merasa lebih terlibat sehingga kebosanan terhadap materi sejarah dapat diminimalisir.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160899 Sociology not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | men Moh.Yusril Amri Habibi |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 06:32 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 06:32 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
