Implementasi Metode Habit Forming (Pembiasaan) dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Nurul Qomariyah, - (2021) Implementasi Metode Habit Forming (Pembiasaan) dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Nurul Qomariyah_T20161224.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nurul Qomariyah, 2021: Implementasi Metode Habit Forming (Pembiasaan) dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Metode Habit Forming (Pembiasaan), Karakter Peserta Didik. Pembentukan karakter religius, disiplin dan toleransi siswa sangat diperhatikan di SMA Negeri 2 Jember. Mulai dari kegiatan pembacaan do’a dan asmaul husna sebelum pembelajaran dimulai, salam pagi sebelum memasuki sekolah, bakti sosial di hari jum’at, dan kegiatan pembiasaan lainnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) implementasi metode habit forming (pembiasaan) dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2) implementasi metode habit forming (pembiasaan) dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020? 3) implementasi metode habit forming (pembiasaan) dalam membentuk karakter toleransi peserta didik di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode habit forming dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi metode habit forming dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mendeskripsikan implementasi metode habit forming dalam membentuk karakter toleransi peserta didik di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenispenelitianlapangan. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknikpengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisis data dengan model interaktif yang dikembangkan Miles Hubermen yangterdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikankesimpulan dan verifikasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasisumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah : 1) implementasi Metode Habit Forming dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu pembacaan do’a dan pembacaan asmaul husna sebelum memulai pembelajaran, memakai artibut keislaman pada saat pembelajaran PAI, sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamah dan sholat asar berjamaah serta penanaman sopan santun dan akhlak mulia. 2) implementasi Metode Habit Forming dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitudibuktikan dengan kegiatan salam pagi dan hadir tepat waktu, memakai pakaian rapi dan sopan serta patuh pada tata tertib di sekolah.3) implementasi metode Habit Forming dalam membentuk karakter toleransi peserta didik di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitudibuktikan dengan pelaksanaan kegiatan silaturrahmi, bakti sosial serta bersikap ikhlas yang diwujudkan dalam kegiatan jumat amal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:55
Last Modified: 24 Mar 2022 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item