Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN 3 Jember.

Rikal Lailatul Qodriyah, - (2021) Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Rikal Lailatul Qodriyah_T20168002.pdf

Download (10MB)

Abstract

Rikal Lailatul Qodriyah, 2021: Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Kata Kunci: Buku Petunjuk Praktikum, Inkuiri Terbimbing. Buku petunjuk praktikum merupakan buku pedoman pelaksanaan kegiatan praktikum yang berisi tata cara persiapan, pelaksanaan, analisis data, dan pelaporan yang dapat membantu peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan praktikum. Buku petunjuk praktikum yang digunakan di sekolah yaitu kegiatan pada buku LKS dan didukung buku paket terkait. Namun petunjuk praktikum yang tersedia pada LKS dan buku paket tersebut dirasa kurang efektif dalam penggunaannya karena keterbatasan penyajian dan kurang dalam peningkatkan kemampuan proses sains peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan buku petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing yang dapat mengatasi problematika yang ada. Oleh karena itu peneliti mengembangkan bahan ajar berupa buku petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan proses pengembangan buku petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI IPA di MAN 3 Jember. 2) Menjelaskan validitas buku petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Penelitian ini menggunakan pengembangan model 4-D (four-D model) yang terdiri dari (define, design, develop, dissemination), tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan (develop) karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki peneliti. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan buku petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing dibagi menjadi empat tahap yaitu; Tahap pertama yang dilakukan yaitu tahap Pendefinisian (Define), pada tahap ini terdapat beberapa langkah yaitu (1) analisis permasalahan; (2) analisis kompetensi dasar; (3) analisis materi; dan (4) identifikasi sumber pustaka. Tahap ini menghasilkan informasi mengenai kurikulum yang digunakan dan mengetahui permasalahan yang terjadi. Tahap kedua yang dilakukan yaitu tahap Perancangan (design), pada tahap ini terdapat beberapa langkah antaranya (1) Penyusunan Standar Tes; (2) Pemilihan Media; dan (3) Rancangan Awal. Tahap ini merupakan tahap penyusunan materi berdasarkan KI dan KD pada Kurikulum 2013 revisi 2017, dan tahap penyusunan desian buku petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing, serta penyusunan desian instrumen validasi. Tahap ketiga yaitu tahap Pengembangan (develop), pada tahap ini dilakukan penyusunan buku petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing dan penilaian oleh para ahli. 2) Hasil uji validasi buku petunjuk praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing oleh validator ahli materi diperoleh presentase 97.04%, hasil uji validasi oleh validator ahli media diperoleh presentase 87%, da hasil uji validasi oleh validator ahli bahasa diperoleh presentase 84.17% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan dalam kegiatan praktikum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:55
Last Modified: 24 Mar 2022 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5037

Actions (login required)

View Item View Item