Normasfufah, Fety (2025) Strategi Pengembangan Industri Kreatif Songkok El-Haziq Melalui Model E-Business Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Di Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
|
Text
FETY NORMASFUFAH (Watermak).pdf Download (2MB) |
Abstract
Fety Normasfufah, Suprianik 2025 “Strategi Pengembangan Industri Kreatif Songkok El-Haziq Melalui Model E-Business Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Di Kabupaten Lamongan
Kata Kunci: Pengembangan Industri Kreatif, Model E-Business Meningkatkan Penjualan
Kearifan lokal menjadi salah satu aspek penting dalam pengembangan industri kreatif. Di Kabupaten Lamongan, kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam proses produksi songkok, mulai dari pemilihan bahan baku hingga desain yang mencerminkan budaya setempat. Dengan memanfaatkan kearifan lokal, produk songkok tidak hanya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, tetapi juga dapat memperkuat identitas budaya masyarakat Lamongan. Hal ini penting untuk menjaga keberlanjutan industri songkok di tengah arus globalisasi yang semakin kuat.
Fokus Penelitian ini ialah: 1. Bagaimana strategi pengembangan industri kreatif Songkok El-Haziq dalam meningkatkan penjualan Songkok El-Haziq di Lamongan? 2Bagaimana penerapan nilai-nilai islam dalam praktik model e-business Songkok El- Haziq? 3. Bagaimana bentuk dan karakteristik hambatan yang dihadapi oleh industri kreatif Songkok El-Haziq dalam meningkatkan model e-business?
Sedangkan tujuan penelitian ini ialah: 1. Untuk mengetahui Bagaimana strategi pengembangan industri kreatif Songkok El-Haziq dalam meningkatkan penjualan Songkok El-Haziq di Lamongan 2. Untuk mengetahui Bagaimana penerapan nilai-nilai islam dalam praktik model e-business Songkok El- Haziq 3Untuk Bagaimana bentuk dan karakteristik hambatan yang dihadapi oleh industri kreatif Songkok El-Haziq dalam meningkatkan model e-business
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menitik beratkan pada sumber utama peristiwa/fenomena/fenomena sosial dimakna dari fenomena tersebut dapat menjadi pemahaman penting bagi perkembangan konsep teoritis. Penelitian kualitatif menggambarkan rumusan masalah berdasarkan olah data yang ada, yang selanjutnya dianalisis dan kemudian ditarik Kesimpulan.
Hasil temuan penelitian ini: 1. strategi harga dan kualitas yang diterapkan Songkok El-Haziq bersifat adaptif dan berbasis nilai. Penetapan harga yang menyesuaikan segmen pasar dan kualitas produk yang terjaga secara konsisten menjadi landasan penting bagi pengembangan usaha 2. Bahwa penerapan prinsip tanggung jawab sosial dalam model e-business Songkok El-Haziq tidak hanya diwujudkan melalui pelayanan konsumen yang baik, tetapi juga melalui konsistensi menjaga kualitas produk, ketelitian dalam pemrosesan pesanan, serta kesediaan menyelesaikan kesalahan secara adil. 3. bahwa keamanan transaksi merupakan tantangan besar baik dalam penjualan online maupun offline. Untuk mengatasinya, usaha ini menerapkan langkah-langkah penting seperti verifikasi ulang pembayaran, memastikan keakuratan alamat, menjaga kerahasiaan data konsumen, memastikan kualitas barang sebelum dikirim, serta memantau pembayaran dengan teliti
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | FETY NORMASFUFAH |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 06:56 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 06:56 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
