Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi.

ARINA ZUHROTAL ISRO’I, - (2021) Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
ARINA ZUHROTAL ISRO’I_T20164031.pdf

Download (10MB)

Abstract

Arina Zuhrotal Isro’i, 2020: Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi. Kata Kunci: Ekstrakulikuler Drumband, Bakat Dan Minat Peserta Didik. Bakat perlu dikembangkan guna mengoptimalkan kemampuan dan pengetahuan peserta didik akan kelebihan yang dimiliki. MI Miftahul Muna mengembangkan bakat dan minat peserta didik di bidang musik melalui sarana ekstrakurikuler drumband. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler drumband dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik di madrasah ibtidaiyah Miftahul Muna? 2) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler drumband dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik di madrasah ibtidaiyah Miftahul Muna? 3) Bagaimana dampak dari ekstrakurikuler drumband dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik di madrasah ibtidaiyah Miftahul Muna?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan dampak dari ekstrakurikuler drumband dalam mengembangkan bakat dan minat eserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Lokasi penelitian ini di MI Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan aktif (active participation), wawancara semiterstuktur dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data, menyajikan data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Rencana awal diadakannya ekstrakurikuler drumband karena usulan wali murid yang direalisasikan oleh madrasah. Struktur ekstrakurikuler drumband dipilih melalui musyawarah seluruh jajaran madrasah. Anggota drumband diambil dari kelas 4, 5 dan 6 melalui seleksi. 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drumband setiap hari jumat dan minggu pagi. Sebelum memulai, mengkondisikan anggota drumband untuk berkumpul. Kemudian membagi beberapa kelompok sesuai alat musik. Pelatih mencontohkan terlebih dahulu, setelah itu diikuti oleh peserta didik. Setelah latihan selesai, berdoa bersama dan pemberian motivasi dari pelatih. 3) Dampak kegiatan ekstrakurikuler drumband terhadap perkembangan bakat dan minat peserta didik adalah peserta didik dapat mengembangkan bakat dan minat mereka diluar kelas. Disiplin terhadap waktu dan menjalin kerjasama yang baik antar anggota agar menghasilkan nada yang serasi dari seluruh alat musik. Peserta didik lebih semangat untuk belajar tentang alat musik drumband.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:46
Last Modified: 24 Mar 2022 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5043

Actions (login required)

View Item View Item