Pengembangan Media Warung Bilangan Cacah (WABICAH) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar Asy Syafa'ah Jember

Salsabila, Elis Syifa (2025) Pengembangan Media Warung Bilangan Cacah (WABICAH) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar Asy Syafa'ah Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI wabicah salsa finish.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Media Pembelajaran, Warung Bilangan Cacah (WABICAH), Bilangan Cacah, Pemahaman Matematika, peserta didik Kelas II Sekolah Dasar, R&D, ADDIE.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman peserta didik kelas II di Sekolah Dasar Asy Syafa’ah dalam membaca dan menulis bilangan cacah. Peserta didik masih merasa kesulitan saat membaca, menulis, menentukan, mengurutkan dan membandingkan bilangan cacah karena pembelajaran yang berlangsung cenderung abstrak dan kurang melibatkan media yang kontekstual. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran Warung Bilangan Cacah (WABICAH) sebagai solusi untuk menghadirkan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, bermakna, dan sesuai karakteristik perkembangan peserta didik sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Warung Bilangan Cacah (WABICAH) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas II Sekolah Dasar Asy Syafa’ah dalam membaca dan menulis bilangan cacah? dan (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Warung Bilangan Cacah (WABICAH) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas II Sekolah Dasar Asy Syafa’ah dalam membaca dan menulis bilangan cacah? Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran warung bilangan cacah (WABICAH) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas II di Sekolah Dasar Asy Syafa’ah dalam membaca dan menulis bilangan cacah? (2) mengetahui kelayakan media pengembangan Warung Bilangan Cacah (WABICAH) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas II Sekolah Dasar Asy Syafa’ah dalam membaca dan menulis bilangan cacah.
Metode yang digunakan ialah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua data yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Dengan subjek penelitian 15 peserta didik kelas II.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dikembangkan adalah media Warung Bilangan Cacah (WABICAH) mata pelajaran matematika untuk kelas II Sekolah Dasar Asy Syafa’ah Jember, (2) hasil presentase dari ketiga validator yakni ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran ialah 94,67% yang berarti sangat layak, dan memperoleh skor 93,3% berdasarkan hasil pengisian angket peserta didik. Media Warung Bilangan Cacah (WABICAH) efektif digunakan setelah mengalami peningkatan hasil belajar dalam memperoleh hasil uji N-Gain sebesar 0,86 yang diperoleh melalui hasil pengerjaan pretest dan posttest. Dengan demikian, media pembelajaran Warung Bilangan Cacah (WABICAH) dinyatakan layak digunakan sebagai alternatif media inovatif di kelas II Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Elis Syifa Salsabila
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:14
Last Modified: 22 Dec 2025 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50430

Actions (login required)

View Item View Item