Penerapan Permainan Tradisional Congklak Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun di RA Darul Ibad Ajung Jember

Lestari, Cinta (2025) Penerapan Permainan Tradisional Congklak Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun di RA Darul Ibad Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Cinta Lestari WM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Cinta Lestari 2025, Penerapan Permainan Tradisional Congklak Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun di RA Darul Ibad Ajung Jember.
Kata Kunci : permainan tradisional congklak, meningkatkan kemampuan berhitung
Perkembangan kognitif merupakan aspek penting dalam pertumbuhan anak dan memiliki pengaruh besar terdahap perkembangan aspek lainnya. Kemampuan kognitif anak usia dini dapat dikembangkan melalui cara, salah satunya dengan pembelajaran aritmetika atau matematika anak usia dini. Kemampuan berhitung merupakan dasar penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis anak dalam memahami konsep bilangan, mengenal perbedaan jumlah, dan menyelesaikan masalah sederhana. Oleh karena itu, diperlukan stimulasi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak sejak dini.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media dan permainan edukatif yang kurang menarik dalam pembelajaran berhitung di RA Darul Ibad Ajung jember. Salah satu alternatif yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui penerapan permainan tradisional congklak sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.
Adapun fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana implementasi permainan tradisional congklak sebagai upaya mengembangkan kemampuan berhitung anak usia 4–5 tahun di RA Darul Ibad Ajung Jember. 2) Bagaimana peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan tradisional congklak pada anak usia 4–5 tahun di RA Darul Ibad Ajung Jember. 3) Apa saja indikator yang mempengaruhi keberhasilan permainan tradisional congklak dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia 4–5 tahun di RA Darul Ibad Ajung Jember.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai implementasi permainan tradisional congklak sebagai upaya pengembangan kemampuan berhitung anak usia 4–5 tahun di RA Darul Ibad Ajung Jember. 2) Untuk mengetahui tingkat peningkatan kemampuan berhitung anak usia 4–5 tahun setelah diterapkannya permainan tradisional congklak di RA Darul Ibad Ajung Jember. 3) Untuk mengidentifikasi indikator-indikator yang mendukung keberhasilan permainan tradisional congklak dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak usia 4–5 tahun di RA Darul Ibad Ajung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilasanakan dalam dua siklus dengan lima kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A 1 di RA Darul Ibad Ajung Jember. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan keabsahan data melalui triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan dari hasil penelitian upaya mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui permainan tradisional congklak serta didapatkan minat belajar berhitung anak yang meningkat dibuktikan dengan evaluasi pembelajaran: dari 6 anak dengan persentase 33,33% menjadi 15 anak dengan persentase 83,33%, kategori BSB terdiri dari 6 dengan presentase 33,33% menjadi 2 anak dengan persentase 11,11%, dalam kategori MB terdiri dari 5 dengan persentase 27,77% menjadi 1 dengan persentase 5,55%, dan kategori BB dari 1 dengan persentase 5,55% menjadi 0 anak dengan persentase 0% pada hasil akhir. Penurunan pada kategori MB dan BB menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung pada sebagian besar anak. Dengan demikian, permainan tradisional congklak terbukti efektif dan menyenangkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Cinta Lestari
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:20
Last Modified: 22 Dec 2025 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50434

Actions (login required)

View Item View Item