Nugraheni, Denta (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN BARANG-BARANG BEKAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS X MAN 3 JEMBER PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Uinkhas Jember.
|
Text
SKRIPSI_Denta Ratna Nugraheni watermark1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Denta Ratna Nugraheni, 2025: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Memanfaatkan Barang-Barang Bekas Terhadap Kreativitas Siswa Kelas X Man 3 Jember Pada Materi Perubahan Lingkungan.
Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), barang bekas, kreativitas, perubahan lingkungan.
Rendahnya kreativitas siswa dalam pembelajaran Biologi khususnya pada materi perubahan lingkungan masih menjadi permasalahan di kelas X MAN 3 Jember. Pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru membuat siswa kurang aktif, kurang berani mengemukakan ide baru, dan belum terbiasa berpikir kreatif. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan inovasi model pembelajaran yang mampu menumbuhkan kemandirian, kolaborasi, dan kemampuan berpikir kreatif. Salah satu alternatifnya adalah penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan memanfaatkan barang-barang bekas sebagai media proyek yang kontekstual dan ramah lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa dalam pembelajaran Biologi menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbasis pemanfaatan barang-barang bekas, dan (2) menganalisis pengaruh model tersebut terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas X MAN 3 Jember.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment jenis post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Jember, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian proyek, dan angket kreativitas siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji non-parametrik Mann-Whitney U, karena data tidak berdistribusi normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dengan memanfaatkan barang-barang bekas terlaksana dengan baik pada seluruh sintaks pembelajaran. Nilai rata-rata hasil proyek siswa sebesar 83,38 dan skor rata-rata angket kreativitas 34 dari 40, yang termasuk dalam kategori “sangat tinggi”. Analisis uji Mann-Whitney U menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model PjBL berpengaruh positif terhadap peningkatan kreativitas siswa.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dengan memanfaatkan barang-barang bekas efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa pada materi perubahan lingkungan. Model ini tidak hanya menanamkan konsep Biologi, tetapi juga menumbuhkan kemampuan berpikir divergen, orisinalitas, fleksibilitas, serta kepedulian terhadap lingkungan melalui aktivitas pembelajaran yang kontekstual dan berorientasi pada proyek nyata.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
| Depositing User: | Denta Ratna Nugraheni |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 01:29 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:29 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
