Erdayana, Lanti (2025) IMPLEMENTASI BUDAYA PEMBIASAN 5S (SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN DAN SANTUN) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RAMAH PADA ANAK USIA DINI DI TK KHADIJAH 13 PLAMPANGREJO, BANYUWANGI. Diploma thesis, UIN KHAS JEMBER.
|
Text
Lanti Erdayana bab 1-5 FIKSS edit.pdf Download (4MB) |
Abstract
Lanti Erdayana, 2025: Implementasi Budaya Pembiasaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) dalam Meningkatkan Karakter Ramah Pada Anak Usia Dini di TK Khadijah 13 Plampangrejo, Banyuwangi.
Kata Kunci: Pembiasaan 5s, Karakter ramah, Anak Usia Dini
Pendidikan karakter paling dasar yang telah diperkenalkan sejak kecil pada saat sekolah dengan pembiasaan 5S (Senyum, sapa, salam, sopaan, dan santun). Di era perkembangan teknologi yang semakin kompleks, anak-anak sekarang dihadapkan berbagai tantangan yang mempengaruhi karakter mereka terutama karakter ramah. Dalam meningkatkan karakter ramah pada anak usia dini sangat penting karena periode ini, anak-anak belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Di TK Khadijah 13 sudah menerapkan 5S ini dalam meningkatkan karakter ramah.
Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dapat membentuk karakter ramah pada anak di TK Khadijah 13. 2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam meningkatkan karakter ramah pada anak di TK Khadijah 13 plampangrejo?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di TK Khadijah 13 Plampangrejo Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, implementasi 5S di TK Khadijah 13 dilakukan secara konsisten sejak kedatangan siswa di pagi hari, dimana guru menyambut anak-anak dengan senyuman hangat di depan gerbang. Selama kegiatan mengaji iqro’, guru membimbing anak dengan komunikasi yang lembut dan santun. Pada kegiatan senam dan membaca doa, anak mengikuti arahan guru dengan sopan dan santun. Selama istirahat anak-anak berinteraksi dengan teman-temanya, sebelum memasuki kelas dan saat akan pulang anak-anak terbiasa mengucapkan salam kepada guru dan teman sebagai bentuk pembiasaan salam dan sapa. Pembiasaan ini berperan penting dalam meningkatan budaya nilai 5S dan membangun interaksi sosial yang posistif, serta menumbuhkan karakter ramah pada anak usia dini. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi budaya 5S ini di TK Khodijah. Faktor pendukungya adalah faktor guru dan dukungan orang tua sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor tingkatan umur anak dan minimnya media visual (poster/gambar).
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
| Depositing User: | MS Lanti Erdayana |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 01:35 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:35 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
