Manajemen Strategi Wali Kelas dalam Mendukung Keberhasilan Program Layanan Belajar Cerdas Istimewa (LBCI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember

Mustofa, Farhan Latif (2025) Manajemen Strategi Wali Kelas dalam Mendukung Keberhasilan Program Layanan Belajar Cerdas Istimewa (LBCI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Farhan Latif Mustofa_212101030029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Farhan Latif Mustofa, 2025: Manajemen Strategi Wali Kelas dalam Mendukung Keberhasilan Program Layanan Belajar Cerdas Istimewa (LBCI) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Wali Kelas, Layanan Belajar Cerdas Istimewa (LBCI), Madrasah Tsanawiyah.
Program Layanan Belajar Cerdas Istimewa (LBCI) merupakan layanan pendidikan inovatif yang dirancang khusus untuk siswa dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Program ini memerlukan manajemen strategis yang efektif, khususnya dari wali kelas sebagai pengelola langsung pembelajaran siswa. Wali kelas berperan krusial dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa
berbakat.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana formulasi strategi wali kelas dalam mendukung keberhasilan program layanan belajar cerdas Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember, (2) Bagaimana implementasi strategi wali kelas dalam mendukung keberhasilan program layanan belajar cerdas istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember, (3) Bagaimana evaluasi strategi wali kelas dalam mendukung keberhasilan program layanan belajar cerdas istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan formulasi strategi wali kelas dalam mendukung keberhasilan program layanan belajar cerdas Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember, (2) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi wali kelas dalam mendukung keberhasilan program layanan belajar cerdas istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi wali kelas dalam mendukung keberhasilan
program layanan belajar cerdas istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, wali kelas LBCI,
guru LBCI, dan siswa LBCI. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Formulasi strategi wali kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember didasarkan pada analisis SWOT, menghasilkan tiga strategi inti: Pacing Acceleration, Differentiated Instruction, dan Sinergi Tiga Pilar, (2) Implementasi dilakukan melalui Problem Based Project dan modul pengayaan, yang membutuhkan adaptasi inovatif seperti ketersediaan media digital untuk mengatasi kendala operasional, (3) Evaluasi sistematis menggunakan standar keseluruhan dan instrumen bervariasi, memastikan umpan balik menjadi input strategis yang memengaruhi keputusan strategis dan alokasi anggaran institusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd Farhan Latif Mustofa
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:22
Last Modified: 22 Dec 2025 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50474

Actions (login required)

View Item View Item