Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat di Kelas VIII MTs Negeri 5 jember

Raissa, Ulima (2025) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat di Kelas VIII MTs Negeri 5 jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulima Raissa_212101070034.pdf

Download (23MB)

Abstract

Pemahaman Konsep merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif dan kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang melibatkan kerja sama dan pertukuran siswa untuk membantu siswa dalam memahami konsep. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk mengkaji pengaruh penerapan pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap pemahaman konsep pada materi bilangan siswa kelas VIII Mts Negeri 5 Jember.
Rumusan masalah penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bilangan berpangkat kelas VIII MTs Negeri 5 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bilangan berpangkat kelas VIII MTs Negeri 5 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental tipe non-equivalent posttest-only control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang dipilih secara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes uraian posttest yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data yang diproleh dianalisis menggunakan statistik inferensial yang diawal dengan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney karean tidak berdistribusi normal dengan bantuan Program IBM SPSS Statistic 24.
Hasil uji Mann-whitney menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,033 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe Two Stay Two Stray dan kelas kontrol yang mengguakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep pada materi bilangan berpangkat siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Jember.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010302 Numerical Solution of Differential and Integral Equations
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ulima Raissa
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:08
Last Modified: 22 Dec 2025 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50505

Actions (login required)

View Item View Item