Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Maris Arifatul Laely, - (2021) Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Maris Arifatul Laely_T20177089.pdf

Download (24MB)

Abstract

Maris Arifatul Laely, 2021: Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa factor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Salah satu factor internal yaitu meliputi factor internal psikologi. Factor psikologi berhubungan dengan factor-faktor non fisik, seperti minat, motivasi, bakat, sikap, dan kebiasaan. Motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar merupakan salah satu factor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan motivasi berprestasi siswa kelas IX di SMPN 8 Jember. 2) Mendeskripsikan kebiasaan belajar matematika siswa kelas IX di SMPN 8 Jember. 3) Mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas IX di SMPN 8 Jember. 4) Mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 5) Mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar matematika secara individu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dilakukan di SMPN 8 Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 210 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin diperoleh 68 siswa, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diambil sebanyak tiga kelas yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Motivasi berprestasi siswa kelas IX di SMPN 8 Jember dengan kategori tinggi sebesar 3%, sedang sebesar 41%, dan rendah sebesar 56%. 2) Kebiasaan belajar siswa kelas IX di SMPN 8 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 4%, tinggi sebesar 27%, sedang sebesar 37%, dan rendah sebesar 32%. 3) Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IX di SMPN 8 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 16%, dan tinggi sebesar 84%. 4) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa IX SMPN 8 Jember tahun pelajaran 2020/2021. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar secara individu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 8 Jember tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 07:32
Last Modified: 24 Mar 2022 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5051

Actions (login required)

View Item View Item