Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Media Kincir Angka Pada Kelas Apel di SPS Nusa Indah 63 Sabrang Ambulu Jember

Damayanti, Ervina (2025) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Media Kincir Angka Pada Kelas Apel di SPS Nusa Indah 63 Sabrang Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ervina Damayanti _T20195007_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kelompok Apel di SPS Nusa Indah 63 memiliki masalah kurangnya dalam mengenal lambang bilangan. Sebagian besar dari siswa masih melakukan kesalahan dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10. Ketika anak diminta oleh guru untuk menyebutkan 1-10 secara bersama-sama hampir semua anak dapat melakukannya. Tetapi, saat satu per satu anak diminta untuk menyebutkan ternyata masih banyak yang kurang memahami. Hal ini terjadi karena media yang digunakan kurang bervariasi sehingga anak kurang bisa memahami. Pengenalan lambang bilangan menggunakan kincir angka yang terbuat dari kardus bekas. Dengan adanya masalah tersebut, dipilih metode dan alat yang dimungkinkan dapat mengubah suasana pembelajaran kearah pembelajaran yang memungkinkan anak terlibat secara aktif dan menyenangkan.
Berdasarkan latar belakang diatas peneliti memutuskan permasalahan: apakah media kincir angka dapat meningkatkna kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan 1-10 pada kelas Apel SPS Nusa Indah 63 Sabrang Ambulu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksakanan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik Kewlompok Apel SPS Nusa Indah 63. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif secara presesntase. Keabsahan data yang digunakan yaitu tirangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kognitif anak setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media kincir angka dari pratindakan hingga siklus II. Pada pratindakan, sebagian besar anak masih berada pada kriteria Belum Berkembang dengan persentase 40% dan Mulai Berkembang dengan persentase 60%, namun setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan dengan persentase 20% pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan siklus II dengan persentase 90% pada kriteria Berkembang Sangat Baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kincir angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok apel SPS Nusa Indah 63.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MS Ervina Damayanti
Date Deposited: 22 Dec 2025 04:26
Last Modified: 22 Dec 2025 04:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50521

Actions (login required)

View Item View Item