Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Kemampuan Sains Anak Mengenal Warna Kelompok B Di TK Kartini Desa Pujer Baru Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso

Farida, Siti (2025) Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Kemampuan Sains Anak Mengenal Warna Kelompok B Di TK Kartini Desa Pujer Baru Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Farida_ nim.202101050026_T1 NEW_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia dini merupakan individu yang sedang berada pada masa
perkembangan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Pada tahap ini,
seluruh aspek perkembangan, termasuk kognitif, perlu distimulasi secara optimal
melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan
karakteristik anak. Salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan adalah
kemampuan sains anak, khususnya dalam mengenal warna dan memahami konsep
pencampuran warna. Namun, hasil observasi di TK Kartini Desa Pujer Baru
Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso menunjukkan bahwa keterampilan
sains anak, khususnya dalam mengenal warna dan memahami konsep
pencampuran, masih rendah. Anak cenderung pasif dan kurang percaya diri
karena metode pembelajaran yang digunakan guru masih berpusat pada ceramah,
sehingga anak tidak memiliki kesempatan untuk bereksplorasi dan menemukan
konsep melalui pengalaman langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak dalam
mengenal warna melalui penerapan metode eksperimen. Metode eksperimen
dipilih karena memberi kesempatan kepada anak untuk melakukan percobaan
langsung, mengamati perubahan, dan menemukan konsep-konsep sains secara
kongkret melalui pengalaman belajar yang bermakna. Diharapkan, dengan
penerapan metode eksperimen sains, anak dapat lebih aktif, kreatif, antusias, dan
memahami konsep warna melalui pengalaman belajar yang menyenangkan. Selain
itu, metode ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan
kepercayaan diri anak dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre
eksperimen (one Group Pretest-Posttes Desaign). Subjek penelitian berjumlah 20
anak kelompok B TK Kartini. Data diperoleh melalui tes kemampuan sains anak
mengenal warna yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttes)
penerapan metode eksperimen. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired +
test dengan bantuan program SPSS versi 30.00 untuk mengetahui perbedaan
sinifikan antara kedua hasil tersebut.
Hasil uji normalitas dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai
signifikansi pada data pretest dan posttest masing-masing sebesar 0,200. Nilai
tersebut lebih besr dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data pretest dan
posttet berdistribusi normal. Dengan demikian, seluruh data memenuhi asumsi
normalitas, sehingga analisis statistic lanjutan dapat dilakukan menggunakan uji
parametric, yaitu uji paired sample t-test.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MS SITI FARIDA
Date Deposited: 22 Dec 2025 04:28
Last Modified: 22 Dec 2025 04:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50522

Actions (login required)

View Item View Item