Mahbubah, Zaitun (2025) Manajemen Program Unggulan Tahfidzul Qur'an Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Klompangan Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
SKRIPSI zaitun mahbubah .pdf Download (3MB) |
Abstract
Zaitun Mahbubah, 2025: Manajemen Program Unggulan Tahfidzul Qur’an Dalam
Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Klompangan
Ajung Jember
Kata Kunci: Manajemen Program Tahfidzul Qur’an. Karakter Disiplin Siswa
Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Klompangan Ajung Jember merupakan salah
satu lembaga pendidikan yang menetapkan Program Tahfidzul Qur’an sebagai
program unggulan. Seluruh peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan Program
Tahfidzul Qur’an baik yang tinggal di pesantren maupun yang fullday. Program ini
dirancang dengan tujuan untuk mencetak generasi hafidz dan hafidzah serta
membentuk karakter disiplin siswa melalui kegiatan yang terstruktur. Dalam
pelaksanaannya, program ini terintegrasi dalam pembelajaran harian yang tidak
terlepas dari aktivitas Manajemen yang terstruktur meliputi tahapan perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan program
unggulan tahfidzul qur’an dalam pembentukan karakter disiplin siswa di Madrasah
Tsanawiyah Al-Falah Klompangan Ajung Jember, 2) Bagaimana pelaksanaan program
unggulan tahfidzul qur’an dalam pembentukan karakter disiplin siswa di Madrasah
Tsanawiyah Al-Falah Klompangan Ajung Jember, 3) Bagaimana evaluasi program
unggulan tahfidzul qur’an dalam pembentukan karakter disiplin siswa di Madrasah
Tsanawiyah Al-Falah Klompangan Ajung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatitf deskriptif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberma, dan
Saldana yang melibatkan tiga tahapan utama yaitu: kondensasi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, dalam pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Program Tahfidzul
Qur’an dilakukan melalui rapat awal tahun ajaran, pembagian tugas guru,
pengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan, serta penetapan target hafalan
harian, bulanan, dan tahunan. 2) pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’a dilaksanakan
melalui dua jalur yaitu kelas rutinan pagi dan kelas intrakurikuler (KBM).
Pembentukan karakter disiplin siswa dapat dilihat dari kedisiplinan dalam kehadiran
tepat waktu, kepatuhan terhadap aturan, ketertiban saat setoran hafalan, serta disiplin
dalam ibadah. 3) evaluasi Program Tahfidzul Qur’an melalui beberapa proses
penilaian yaitu penilaian harian, penilaian bulanan, penilaian tahunan. Evaluasi ini
menggunakan model CIPP (contect, input, process, product) menunjukkan program
berjalan efektif yang dibuktikan dengan tercapainya target hafalan, prestasi siswa
dalam berbaga perlombaan tahfidz, serta terbentuknya karakter disiplin siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Ms Zaitun Mahbubah |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 07:18 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 07:18 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
