Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Clever Octopus dalam Melatih Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Plus Istiqomah Ambulu

Uminurjanah, Lisa (2025) Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Clever Octopus dalam Melatih Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Plus Istiqomah Ambulu. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHAMD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESIS LISA finis bendel wm.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Lisa, Uminurjanah, 2025. “Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Clever Octopus dalam Melatih Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Plus Istiqomah Ambulu”. Tesis, Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana Universitas islam Negeri Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh. Sutomo, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Mu’allimin, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Clever Octopus, Berpikir Kritis
Latar belakang penelitian ini berawal dari kurangnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila, dimana sebelumnya guru telah menerapkan model tersebut, namun keterampilan berpikir kritis peserta didik masih belum berkembang, sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan keterampilan peserta didik melalui model Problem Based Learning dengan bantuan media Clever Octopus pada mata pelajaran pendidikan pancasila.
Fokus penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Clever Octopus dalam melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik? 2) Bagaimana hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan media Clever Octopus. Sedangkan tujuan penelitian ini terdiri dari: 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Clever Octopus dalam melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. 2) Mendeskripsikan hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan media Clever Octopus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik penentuan subjek penelitian yaitu menggunakan porposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis data interaktif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model PBL di mulai dengan perencanaan pembelajaran disusun secara sistematis oleh guru melalui penyusunan perangkat pembelajaran yang meliputi tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan sesuai sintaks PBL, penggunaan media Clever Octopus, serta instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis. Sedangkan penerapan model PBL dilaksanakan secara konsisten di kelas melalui tahapan orientasi masalah, pengorganisasian belajar, pengumpulan data dan eksplorasi, analisis dan sintesis, serta evaluasi dan refleksi, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara terarah dan kondusif. 2) Hasil keterampilan peserta didik didik menunjukkan bahwa pada aspek interpretasi, analisis, dan evaluasi telah berkembang dengan baik, sementara aspek inferensi juga mengalami perkembangan meskipun masih memerlukan pendampingan lebih lanjut. Keberhasilan implementasi model PBL ini tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi motivasi dan antusiasme siswa, kreativitas guru, serta penggunaan media yang menarik, sedangkan hambatan yang muncul antara lain keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan berpikir kritis, dan kecenderungan siswa lebih fokus pada aspek permainan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Depositing User: Ms. Lisa Uminurjanah
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:32
Last Modified: 22 Dec 2025 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50555

Actions (login required)

View Item View Item