MANAJEMEN KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) AZ-ZAITUN ASEMBAGUS SITUBONDO

Sabila, Na'maluna Qoulan (2025) MANAJEMEN KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) AZ-ZAITUN ASEMBAGUS SITUBONDO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Na’maluna Qoulan Sabila WM.pdf

Download (9MB)

Abstract

Na’maluna Qoulan Sabila, 2025. Manajemen Kerjasama Orang Tua dan Guru
Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Anak Usia Dini di Kelompok
Bermain (KB) Azzaitun Asembagus Situbondo
Kata kunci : Manajemen kerjasama orang tua dan guru, nilai-nilai Islam, anak
usia dini
Manajemen kerjasama dalam pendidikan menjadi aspek penting untuk
memastikan penanaman nilai-nilai Islam dapat berjalan efektif baik di sekolah
maupun di rumah. Melalui perencanaan yang terarah, pelaksanaan yang
melibatkan kedua pihak, serta evaluasi yang dilakukan secara berkelanjutan,
lembaga mampu menciptakan sinergi yang mendukung pembiasaan nilai-nilai
Islam pada anak.
Fokus penelitian dalam skripsi ini mencakup : 1) Bagaimana perencanaan
manajemen kerjasama orang tua dan guru dalam menanamkan nilai-nilai islam
pada anak usia dini, 2)Bagaimana pelaksanaan manajemen kerjasama orang tua
dan guru dalam menanamkan nilai-nilai islam pada anak usia dini 3) bagaimana
evaluasi manajemen kerjasama orang tua dan guru dalam menanamkan nilai-nilai
islam pada anak usia dini.
Tujuan penelitian ini mencakup : 1) untuk mendeskripsikan perencanaan
manajemen kerjasama orang tua dan guru dalam menanamkan nilai-nilai islam
pada anak usia dini, 2) untuk mendeskripsikan perlaksanaan manajemen
kerjasama orang tua dan guru dalam menanamkan nilai-nilai islam pada anak usia
dini, 3) untuk mendeskripsikan evaluasi manajemen kerjasama orang tua dan guru
dalam menanamkan nilai-nilai islam pada anak usia dini.
Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif
dengan model Miles, Huberman dan Saldana, Keabsahan data menggunakan
Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kerjasama antara guru dan orang tua telah terlaksana. Pada tahap
perencanaan, guru telah menyiapkan berbagai program pembiasaan yang berfokus
pada penanaman nilai-nilai Islam. Pelaksanaan kerjasama tampak melalui
komunikasi rutin, penggunaan grup WhatsApp, serta kegiatan parenting. Proses
evaluasi dilakukan melalui pemantauan perkembangan anak, pertemuan bulanan, dan penyampaian laporan hasil belajar, namun beberapa orang tua masih belum
hadir pada saat evaluasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini mencakup : (1) Perencanaan kerjasama
disusun melalui komunikasi awal antara guru dan orang tua, musyawarah
penyusunan program, serta pemanfaatan berbagai media seperti grup WhatsApp,
buku penghubung, dan papan informasi. (2) Pelaksanaan kerjasama terwujud
melalui kegiatan parenting, komunikasi rutin, dan keterlibatan orang tua dalam
pembiasaan nilai-nilai Islam di rumah maupun sekolah. (3) Evaluasi kerjasama
dilakukan melalui rapat bulanan, pembagian rapor, serta observasi harian terhadap
konsistensi orang tua dalam menerapkan nilai Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Na'maluna Qoulan Sabila
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:44
Last Modified: 24 Dec 2025 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50735

Actions (login required)

View Item View Item