Helmi, Achmad Mahrus (2025) Model Pembelajaran Fikih Integratif Kontekstual Di Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Doctoral thesis, Pascasarjana.
|
Text
Disertasi Achmad Mahrus Helmi FIX.pdf Download (1MB) |
Abstract
Achmad Mahrus Helmi 2025.: " Model Pembelajaran Fikih Integratif Kontekstual Di Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember " Disertasi Program Studi Pendidikan Agama Islam Universutas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember. Promotor: Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I dan Co Promotor Dr. H. Syamsul Anam, S.Ag, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Fikih, Integratif Kontekstual
Model pembelajaran fikih di madrasah sering menghadapi kesenjangan antara teks kitab dan realitas kehidupan siswa. Di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan 1 Jember, guru dituntut mengembangkan model pembelajaran yang tidak hanya berbasis kitab klasik seperti Fathul Qorib, tetapi juga mampu mengontekstualisasikan nilai-nilai fikih ke dalam pengalaman sosial siswa.
Penelitian ini berfokus pada: (1) Bagaimana model pembelajaran fikih dengan dimensi normatif? (2) Bagaimana model pembelajaran fikih dengan dimensi empirik-sosiologis? (3) Bagaimana model pembelajaran fikih dengan dimensi pedagogis-humanistik di Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui model pembelajaran fikih dengan dimensi normatif, (2) Untuk mengetahui model pembelajaran fikih dengan dimensi empirik-sosiologis. (3) Untuk mengetahui model pembelajaran fikih dengan dimensi pedagogis-humanistik di Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive, Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi dokumen, dan triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Hubermen dan Saldana. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran fikih integratif-kontekstual yang diterapkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran sebagai berikut: (1) pada dimensi normatif, guru mampu memperkuat pemahaman siswa terhadap teks fikih melalui pendekatan yang sistematis, dialogis, dan berbasis kitab. (2) pada dimensi empirik-sosiologis, guru berhasil menghubungkan materi hukum Islam dengan realitas sosial siswa melalui analisis kasus, diskusi kontekstual, dan pemanfaatan isu-isu aktual. (3) pada dimensi pedagogis-humanistik, pembelajaran mampu membentuk sikap religius, mengembangkan kemandirian belajar, serta menciptakan pengalaman belajar yang aktif, reflektif, dan partisipatif.
Berdasarkan hasil temuan substantif tersebut, maka formulasi temuan formal penelitian ini adalah Integrative Contextual Fikih Learning Model. yaitu model pembelajaran fikih integratif kontekstual.
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
| Divisions: | Program Doktoral > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Dr ACHMAD MAHRUS HELMI, S.Ag. M.Pd |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 03:58 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 03:58 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
