PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN AMPEL KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER

Yuli, Perempuan (2021) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN AMPEL KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
YULIATIN_T20171312.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yuliatin, 2021. Pelaksanaan model pembelajaran Blended Learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Sukorambi Kabupaten Jember. Kata Kunci: Pembelajaran Blended Learning, Meningkatkan pemahaman siswa. Model pembelajaran blended learning merupakan salah satu alternatif yang dipilih MTs Sunan Ampel Sukorambi Jember untuk mengoptimalkan pembelajaran dimasa pandemi. Pembelajaran tatap muka dilakukan dengan kunjungan rumah (Home Visit) sebanyak tiga kali dalam seminggu dengan menerapkan protokol kesehatan. Kunjungan rumah ini terkenal dengan istilah “guling” yakni guru keliling. Sementara pembelajaran daring dilakukan secara fleksibel melalui media online. Pelaksanaan blended learning di MTs Sunan Ampel mendapatkan respon Positif dari berbagai pihak. Sehingga, tidak sedikit dari lembaga lain yang mencontoh model pembelajaran tersebut untuk memaksimalkan pembelajaran dimasa pandemi. Fokus penelitian ini meliputi : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTS Sunan Ampel Sukorambi Jember ? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTS Sunan Ampel Sukorambi Jember ?. (3) Bagaimana penilaian pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTS Sunan Ampel Sukorambi Jember ?. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) Perencanaan pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTS Sunan Ampel Sukorambi Jember (2). Pelaksanaan pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTS Sunan Ampel Sukorambi Jember. (3) Penilaian pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTS Sunan Ampel Sukorambi Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Sadana yang meliputi Kondensasi data, Penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Perecanaan pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTS Sunan Ampel antara lain menyiapkan perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP yang sesuai dengan pembelajaran blended learning, guru membuat jadwal pembelajaran antara pembelajaran online dan tatap muka dan guru juga menyiapkan media belajar khusus untuk pembelajaran online. (2) Pelaksanaan pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTS Sunan Ampel terdiri dari : Pembelajaran online dan tatap muka dilakukan dengan beberapa tahapan, yakni : Mengamati, Berdiskusi dan guru memberikan kesimpulan. (3) Penilaian pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTS Sunan Ampel terdiri dari penilaian sikap, pengetahuan maupun keterampilan yang diamati secara online dan tatap muka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perempuan Yuli Yuliatin
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:52
Last Modified: 07 Apr 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item