Pembelajaran Al-Qur’an bagi Lanjut Usia di RBQ AlAkbari Kebonsari Jember Tahun 2020

Feni Nurmania, - (2020) Pembelajaran Al-Qur’an bagi Lanjut Usia di RBQ AlAkbari Kebonsari Jember Tahun 2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Feni Nurmania_T20161100.pdf

Download (7MB)

Abstract

Feni Nurmania, 2020: Pembelajaran Al-Qur’an bagi Lanjut Usia di RBQ AlAkbari Kebonsari Jember Tahun 2020 Kata kunci: Pembelajaran al-Qur’an, Lanjut Usia Lanjut usia ialah seseorang yang memasuki periode penutup dalam hidupnya dan memerlukan bekal untuk akhiratnya. Maka dengan itu perlu persiapan untuk menjalani masa tuanya. Mengisi kegiatan dengan hal yang bermanfaat itu perlu, seperti kegiatan keagamaan. Dengan ini RBQ al-Akbari memberikan wadah untuk para lansia agar bisa belajar membaca al-Qur’an. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa sajakah materi pembelajaran al-Qur’an bagi lanjut usia di rumah belajar al-Qur’an (RBQ) al-Akbari Kebonsari Jember Tahun 2020?, 2) Bagaimana metode pembelajaran alQur’an bagi lanjut usia di rumah belajar al-Qur’an (RBQ) al-Akbari Kebonsari Jember Tahun 2020?, 3) Bagaimana media pembelajaran al-Qur’an bagi lanjut usia di rumah belajar al-Qur’an (RBQ) al-Akbari Kebonsari Jember Tahun 2020?, 4) Bagaimana materi yang digunakan sebagai evaluasi pembelajaran al-Qur’an bagi lanjut usia di rumah belajar al-Qur’an (RBQ) al-Akbari Kebonsari Jember Tahun 2020?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan materi pembelajaran al-Qur’an bagi lanjut usia di rumah belajar al-Qur’an (RBQ) al-Akbari Kebonsari Jember Tahun 2020, 2) Mendeskripsikan metode pembelajaran al-Qur’an bagi lanjut usia di rumah belajar al-Qur’an (RBQ) al-Akbari Kebonsari Jember Tahun 2020, 3) Mendeskripsikan media pembelajaran al-Qur’an bagi lanjut usia di rumah belajar al-Qur’an (RBQ) al-Akbari Kebonsari Jember Tahun 2020, 4) Mendeskripsikan materi yang digunakan sebagai evaluasi pembelajaran al-Qur’an bagi lanjut usia di rumah belajar al-Qur’an (RBQ) al-Akbari Kebonsari Jember Tahun 2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang ditawarkan oleh Miles dan Huberman yaitu data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah: 1) Materi pembelajaran alQur’an bagi lansia menggunakan 3 macam materi, diantaranya yaitu materi yang terdapat dalam buku metode tajdied, surah-surah pendek dalam juz 30, kajian tafsir dan fiqih . 2) Metode menggunakan metode tajdied, penyampaian materi yang terdapat dalam buku metode tajdied untuk memudahkan para santri menggunakan cara tepukan. 3) Media pembelajaran al-Qur’an di RBQ al-Akbari bermacam-macam yaitu ustadzz/ustadzah, buku metode tajdied, alat peraga, papan tulis, media sosial dan al-Qur’an. 4) Evaluasi pembelajaran al-Qur’an bagi lansia di RBQ al-Akbari menggunakan materi pengayaan yang ada dalam buku metode tajdied dan membacakan ayat yang sudah ditentukan oleh ustadz/ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:43
Last Modified: 28 Mar 2022 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item