Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 02 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Qori Aini, Fery (2021) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 02 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FULL FERY QORI AINI (T20164007) WATERMARK-dikonversi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fery Qori Aini, 2021: Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 02 Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu sulitnya proses kegiatan pembelajaran matematika ditengah pandemi covid-19, yang mana mewajibkan seluruh sekolah untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dengan koneksi internet. Guru merencanakan pembelajaran dengan strategi jigsaw agar siswa dapat lebih terbuka wawasannya ketika belajar dengan kelompok, namun pada kenyataannya strategi jigsaw belum bisa diterapkan ketika pembelajaran masih diadakan dengan metode daring.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kooperatif dengan strategi jigsaw pada mata pelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 02 Panti Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kooperatif dengan strategi jigsaw pada mata pelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 02 Panti Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kooperatif dengan strategi jigsaw pada mata pelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 02 Panti Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?
Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi pasif, wawancara tak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa antara lain: 1) Perencanaan pembelajaran matematika dengan strategi jigsaw terdiri dari silabus dan RPP. 2) Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan strategi jigsaw sudah dinilai sangat efektif untuk diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas IV. Hal tersebut terbukti bahwa siswa yang awalnya pasif ketika pembelajaran berlangsung, menjadi lebih aktif sejak pembelajaran menggunakan strategi jigsaw. Dan nilai siswa 85% telah mencapai KKM. 3) Kegiatan evaluasi dilakukan guru dengan memberikan soal sederhana mengenai oprasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan diakhir kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Fery Qori Aini
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:44
Last Modified: 28 Mar 2022 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item View Item