Strategi Guru dalam Pelaksanaan Praktikum Biologi pada Masa Pandemi COVID-19 di Kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

Soleha, Izzatus (2021) Strategi Guru dalam Pelaksanaan Praktikum Biologi pada Masa Pandemi COVID-19 di Kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Izzatus Soleha_T20178027.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kata kunci: strategi guru, praktikum biologi, masa pandemi.
Pembelajaran biologi tidak terlepas dengan kegiatan praktikum terutama kelas XI yang pada setiap bab minimal ada satu kegiatan praktikum. Pandemi COVID-19 menyebabkan pelaksanaan praktikum dilakukan berbeda dari masa sebelum pandemi COVID-19, karena pembelajaran di lakukan secara online dan offline. Hal ini menjadi tugas besar guru untuk memiliki strategi yang tepat karena ada dua cara pelaksanaan praktikum yaitu secara online dan offline.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru dalam pelaksanaan praktikum biologi pada masa pandemi COVID-19 di kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022? 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan praktikum biologi pada masa pandemi COVID-19 di kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022?
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan strategi guru dalam pelaksanaan praktikum biologi pada masa pandemi COVID-19 di kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan praktikum biologi pada masa pandemi COVID-19 di kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus (case study). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana (2014). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini 1) strategi yang digunakan guru dalam pelaksanaan praktikum biologi pada masa pandemi COVID-19 yaitu menggunakan pendekatan saintifik., model project based learning., metode demonstrasi, virtual, diskusi dan tanya jawab., media google meet, google classroom, whatsapp dan youtube., evaluasi dengan penilaian unjuk kerja siswa., guru mengarahkan siswa untuk mempersiapkan praktikum dengan cara memberikan referensi, link youtube atau materi yang akan dipraktikumkan terlebih dahulu., guru mengurangi jumlah acara praktikum tidak sesuai dengan yang terjadwal pada petunjuk praktikum yang sudah ada., faktor pendukung pelaksanaan praktikum online berupa kelancaran jaringan internet dan penggunaan aplikasi google meet, youtube, google classroom dan whatsapp., faktor pendukung praktikum secara offline berupa ketersediaan alat dan bahan praktikum dan penggunaan LCD proyektor. 2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan praktikum biologi secara online pada masa pandemi COVID-19 yaitu perangkat android siswa yang kurang mendukung seperti penyimpanan internal yang tidak cukup, keterbatasan kuota siswa, jaringan internet siswa yang kurang bagus dan bagi siswa yang melakukan praktikum di rumah posisi guru yang membelakangi dan jauh dari kamera pada saat praktikum online menyebabkan suara guru terdengar kurang jelas., kendala praktikum secara offline yaitu waktu praktikum terbatas dan laboratorium tidak bisa digunakan karena sementara digunakan sebagai ruang kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Izzatus Soleha
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:41
Last Modified: 05 Apr 2022 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5128

Actions (login required)

View Item View Item