Sholeh Adnan, Sholeh (2021) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SMA ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
Sholeh Adnan_T20173004 Untuk Perpus.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sholeh Adnan, 2021, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Pandemi Covid-19 Di Sma Zainul Hasan Genggong Probolinggo
"Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia.” Nelson Mandela. Pendidikan merupakan pilar penting bagi suatu negara untuk melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang berkualitas. Yang paling dibutuhkan dalam menopang pertumbuhan dan perkembangan suatu negara adalah Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Pendidikan menjadi jalan utama berdirinya suatu negara yang kokoh dan mampu mempertahankan kedaulatan negaranya. Oleh karena itu, pendidikan merupakan urgensi yang penting dalam membangun suatu bangsa. Pendidikan yang baik dapat dilihat dari tingkat mutu pendidikan yang ada didalamnya.
Penelitian skripsi ini berfokus pada 1) Strategi peningkatan mutu pendidikan pada era pandemi Covid-19 di SMA Zainul Hasan Genggong Probolinggo 2) Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi peningkatan mutu pendidikan pada era pandemi Covid-19 di SMA Zainul Hasan Genggong Probolinggo
Tujuan penelitian ini dijabarkan menjadi dua tujuan, yaitu; 1) Mendeskripsikan strategi peningkatan mutu pendidikan pada era pandemi Covid-19 di SMA Zainul Hasan Genggong Probolinggo 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung strategi peningkatan mutu pendidikan pada era pandemi Covid-19 di SMA Zainul Hasan Genggong Probolinggo
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Penelitian ini memiliki kesimpulan 1) Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Pandemi Covid-19 di SMA Zainul Hasan Genggong Probolinggo terdapat perencanaan. Perencaan itu diantaranya analisis kebutuhan, penyusunan strategi, penyediaaan sarana dan prasarana, pembagian tugas. Untuk pelaksanaan terfokus pada pembuatan strategi sertifikiasi guru, pembelajaran Daring dan Luring, program penembangan seperti hafalan, dan seni budaya. Lalu ada juga evaluasi berupa program pelaporan bulanan, 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Pandemi Covid-19 di SMA Zainul Hasan Genggong probolinggo diantaranya ialah dari faktor sarana dan prasarana yang lengkap sehingga menunjang keterlaksanaan program dengan baik, lalu tenaga pendidik yang sudah memiliki sertifikasi dan berkompeten, lalu juga antusiasme dari peserta didik dalam emngikuti semua program yang dilaksanaan oleh sekolah. Adapun faktor penghambatnya diantaranya pada pembelajaran daring, tidak ada sinyal ketika mengikuti pembelajaran secara online karena berada desa yang pelosok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S. Pd Sholeh Adnan |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 03:55 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 03:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5138 |
Actions (login required)
View Item |