Peran kepala madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di MA 03 Al Maarif wuluhan Jember

Intan Jumala, Intan (2022) Peran kepala madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di MA 03 Al Maarif wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INTAN JUMALA Untuk Perpus (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Intan Jumala. 2021. Peran Kepala Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Ma 03 Al Ma’arif Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajara 2020/2021.

Kata kunci: peran, kepala sekolah, mutu pendidikan, pandemi covid-19

Kepala sekolah sebagai administrasi itu merupakan pelayanan atau pengabdian terhadap subyek tertentu, sedangkan pengertian dari supervisi adalah segala sesuatu dari tugas-tugas sekolah dalam memimpin guru dan petugas pendidikan lainnya dalam memperbaiki pengajaran termasuk memperkembangkan guru-guru, menyelesaikan dan merevisi tujuan pendidikan, bahan-bahan pengajaran dan metode mengajar dan penilaian pengajaran. Oleh karena itu seorang kepala sekolah harus selalu aktif menjalankan perannya untuk bisa meningkakan mutu pendidikan.
Fokus penelitian ini 1) bagaimana peran Kepala Madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pada masa pandemi di MA 03 Al-Ma’arif ?, 2) bagaimana Peran Kepala Madrasah sebagai Administrator dalam Upaya Peningkatan Mutu pada masa pandemi di MA 03 Al-Ma’arif?, 3) bagaimana Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Upaya Peningkatan Mutu pada masa pandemi di MA 03 Al-Ma’arif?
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini 1)untuk mendeskripsikan peran Kepala Madrasah dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan pada masa pandemi di MA 03 Al-Ma’arif, 2) untuk mendeskripsikan peran Kepala Madrasah sebagai administrator dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan pada masa pandemi di MA 03 Al-Ma’arif, 3) untuk mendeskripsikan peran Kepala Madrasah sebagai supervisior dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan pada masa pandemi di MA 03 Al-Ma’arif.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana metode ini menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Dan analisis data menggunakan analisis reflektif thinking yaitu dengan mengkombinasikan cara berfikir deduktif dan cara berfikir induktif. Keabsahan data menggunakan traingulasi sumber dan traingulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini 1) Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam masa pandemi di MA 03 Al Maarif dalam masa pandemi menjalankan perannya sebagai manager, komunikator, pemangku kebijakan, administrator dan supervisior. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan cara meningkatkan mutu guru yaitu dengan diikut sertakan seminar-seminar, pelatihan serta sertifikasi guru., 2) Peran Kepala Madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam masa pandemi di MA 03 Al Maarif yaitu membuat perencanaan, menyusun organisasi madrasah, serta mampu bertindak sebagai koordinator dan serta melaksanakan pengelolan kepegawaian, 3) peran Kepala Madrasah sebagai supervisior yaitu dengan melakukan monitoring dan pengawasan terhadap proses belajar mengajar, memotivasi, membantu guru untuk meningkatkan profesionalisme guru, serta melakukan instruksi kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Intan Jumala
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:59
Last Modified: 29 Mar 2022 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item View Item