: Pengembangan Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Siswa Kelas X MIPA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Wahyu Hilda Febriyanti, - (2021) : Pengembangan Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Siswa Kelas X MIPA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Wahyu Hilda Febriyanti_T20168003.pdf

Download (16MB)

Abstract

Wahyu Hilda Febriyanti, 2020: Pengembangan Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Siswa Kelas X MIPA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Kata Kunci: Modul, contextual teaching and learning (CTL), Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah. Kurangnya pemahaman siswa dalam memahami mata pelajaran biologi dan pembelajaran biologi kurang menarik karena bahan ajar yang digunakan hanya lembar kerja siswa (LKS) dan buku paket sehingga siswa masih memerlukan sumber belajar yang lain. Sumber belajar berupa modul di MAN 1 Jember sudah disediakan namun diberikan pada saat pembelajaran berlangsung tidak dipegang oleh siswa sehingga hal tersebut kurang mampu membantu siswa untuk melakukan eksplorasi dalam mengamati dan menghubungkan fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar siswa yang terkait dengan materi terutama materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Untuk mengantisipasi hal tersebut peneliti membuat suatu bahan ajar yang dapat dijadikan pedoman lain untuk belajar siswa. Salah satunya, pengembangan bahan pembelajaran berbentuk modul berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) yang dapat membantu siswa memahami konsep pelajaran biologi secara mandiri serta dapat memfasilitasi siswa untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungannya. CTL sangat cocok untuk materi perubahan lingkungan yang memudahkan siswa untuk memahami karena dikaitkan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar modul biologi berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember 2) Mendeskripsikan kevalidan bahan ajar modul biologi berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember. Untuk mengidentifkasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pengembangan model 4-D (define, design, develop, disseminate), tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) karena adanya keterbatasan biaya dan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan modul biologi dibagi menjadi beberapa tahap yaitu; Tahap pertama yang dilakukan ialah tahap Pendefinisian (Define), dalam tahap ini terdapat 3 langkah, yaitu (1) analisis pendahuluan; (2) analisis kebutuhan; dan (3) merumuskan tujuan pembelajaran, tahap ini menghasilkan informasi tentang kurikulum, KI dan KD yang digunakan di MAN 1 Jember. Tahap kedua yang dilakukan ialah tahap Design (perancangan), tahap ini merupakan tahap penyusunan desain modul, serta penyusunan desain instrumen. Tahap ketiga ialah Development (pengembangan), dalam tahap ini dilakukan penyusunan modul dan penilaian oleh para ahli dan guru mata pelajaran. 2) Kevalidan modul biologi dari hasil uji validasi oleh validator ahli materi didapatkan presentase 90,3%, hasil uji validasi oleh validator ahli media didapatkan presentase 81,7%, dan hasil validasi oleh ahli bahasa mendapatkan presentase sebesar 82,2%. Sehingga rata-rata keseluruhan adalah 84,7% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:19
Last Modified: 29 Mar 2022 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5147

Actions (login required)

View Item View Item