Penerapan Metode Al-Miftah Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santriwati Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliglagah Kabupaten Jember.

SITI SOLEHA, - (2020) Penerapan Metode Al-Miftah Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santriwati Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliglagah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
SITI SOLEHA_T20161030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Siti Soleha, 2020 : Penerapan Metode Al-Miftah Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santriwati Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliglagah Kabupaten Jember. Kata Kunci : Metode Al-Miftah, Kemampuan Membaca Kitab kuning adalah faktor penting yang menjadi karakteristik pesantren, kitab kuning difungsikan oleh kalangan pesantren sebagai referensi yang kandungannya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Kenyataan bahwa kitab kuning yang ditulis sejak lama dan terus dipakai dari masa ke masa menunjukkan bahwa kitab kuning sudah teruji kebenarannya dalam sejarah yang panjang. Kitab kuning dipandang sebagai pemasok teori dan ajaran yang sudah sedemikian rupa dirumuskan oleh ulama-ulama Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode Al-Miftah dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning santriwati di pondok pesantren Miftahul Ulum ( Mahad Tibyan Li Al-Sibyan) Kaliglagah Kabupaten Jember ? 2) Apa kesulitan yang dihadapi dalam penerapan metode Al-Miftah di pondok pesantren Miftahul Ulum (Mahad Tibyan Li Al-Sibyan) Kaliglagah Kabupaten Jember ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan penerapan metode Al-Miftah dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning santriwati di pondok pesantren Miftahul Ulum (Mahad Tibyan Li Al-Sibyan) Kaliglagah Kabupaten Jember, 2) untuk mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi dalam penerapan metode Al-Miftah di pondok pesantren Miftahul Ulum (Mahad Tibyan Li Al-Sibyan) Kaliglagah Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, penentuan subjek peneletian dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Penerapan Metode Al-Miftah di pondok pesantren Miftahul Ulum (Mahad Tibyan Li Al-Sibyan) Kaliglagah dilihat dari beberapa indikator, yaitu : (a) pelaksaan metode Al-Miftah di pondok pesantren Miftahul Ulum (Mahad Tibyan Li Al-Sibyan) dilakukan 3 kali sehari yaitu ba’da subuh, ba’da duhur dan ba’da isya (b) menggunakan bahasa madura dalam memaknai kitab kuning (c) yang mengikuti metode Al-Miftah merupakan santri baru (d) menggunakan lagu-lagu . 2) kesulitan yang dihadapi dalam penerapan metode Al-Miftah di pondok pesntren Miftahul Ulum (Mahad Tibyan Li Al-Sibyan) Kaliglagah dilihat dari beberapa indikator, yaitu : a) kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) (b) kesulitan memahami kalimat atau lafadz. (c) merasa jenuh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:28
Last Modified: 29 Mar 2022 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item