Khamdiatul Khusna, - (2021) Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan OpenEnded terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Bunga Tunggal, Diskon dan Pajak di MTs. Mabdaul Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Tadris Matematika.
Text
KHAMDIATUL KHUSNA_T20157012.pdf Download (6MB) |
Abstract
Khamdiatul khusna, 2020: Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan OpenEnded terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Bunga Tunggal, Diskon dan Pajak di MTs. Mabdaul Ma’arif Jombang Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Efektivitas Pembelajaran, Hasil Belajar, Pendekatan Open-ended Proses pembelajaran merupakan kegiatan pendidikan yang diaplikasikan di lembaga formal seperti sekolah. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari tingkat pemahaman materi dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal adalah pendekatan pembelajaran. Keberhasilan suatu pembelajaran dipengaruhi oleh penggunaan pendekatan yang dilakukan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bunga tunggal, diskon dan pajak di MTs. Mabdaul Ma’arif yang diajar tanpa pendekatan open-ended? 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bunga tunggal, diskon dan pajak di MTs. Mabdaul Ma’arif yang diajar dengan pendekatan open-ended? 3) Apakah pendekatan open-ended efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bunga tunggal, diskon dan pajak di MTs. Mabdaul Ma’arif? Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bunga tunggal, diskon dan pajak di MTs. Mabdaul Ma’arif yang diajar tanpa pendekatan open-ended. 2) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bunga tunggal, diskon dan pajak di MTs. Mabdaul Ma’arif yang diajar dengan pendekatan open-ended. 3) mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bunga tunggal, diskon dan pajak di MTs. Mabdaul Ma’arif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji validitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan open-ended memiliki rata – rata pretest 45,71 dan nilai rata – rata posttest 51,61. Nilai rata – rata posttest lebih tinggi daripada nilai rata – rata pretest dengan selisih 5,9 dan persentase sebesar 12,91%. 2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan open-ended memiliki rata – rata pretest 47,68 dan nilai rata – rata posttest 74,11. Nilai rata – rata posttest lebih tinggi daripada nilai rata – rata pretest dengan selisih 26,43 dan persentase 55,43%. 3) berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh dan . . Artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan pendekatan open-ended efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bunga tunggal, diskon dan pajak di MTs. Mabdaul Ma’arif Jombang Jember tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 09:00 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 09:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5150 |
Actions (login required)
View Item |