Implementasi Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fatah Sragi Songgon Pada Tahun Pelajaran 2018/2019

MOH. YASIR HIDAYAT, - (2020) Implementasi Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fatah Sragi Songgon Pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MOH. YASIR HIDAYAT_084141246.pdf

Download (16MB)

Abstract

Moh. Yasir Hidayat, 2020. Implementasi Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fatah Sragi Songgon Pada Tahun Pelajaran 2018/2019 Pendidikan merupakan investasi masa depan bangsa yang membentuk generasi untuk menciptakan manusia yang produktif. Dalam ajaran Islam pendidikan juga sebuah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia serta membentuk manusia menjadi insan kamil yang mampu menyeimbangkan ranah tujuan duniawi dan akhirat melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pengajaran itu sendiri yaitu proses, pembuatan, atau cara mengajarkan. Seiring berkembangnya zaman cara guru menyampaikan materi kepada peserta didik agar dapat diterima tidak harus dengan ceramah saja, namun dapat menggunakan model lain salah satunya dengan PAIKEM seperti yang telah diterapkan oleh Madrasah Aliyah Al-Fatah Sragi Songgon. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana implementasi pembelajaran Aktif, 2. Bagaimana implementasi pembelajaran Inovatif, 3. Bagaimana implementasi pembelajaran Kreatif, 4. Bagaimana implementasi pembelajaran Efektif, dan 5. Bagaimana implementasi pembelajaran Menyenangkan pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas X MA Al-Fatah Sragi Songgon tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1. mendeskripsikan implementasi pembelajaran Aktif, 2. mendeskripsikan implementasi pembelajaran Inovatif, 3. mendeskripsikan implementasi pembelajaran Kreatif, 4. mendeskripsikan implementasi pembelajaran Efektif, dan 5. mendeskripsikan implementasi pembelajaran Menyenangkan pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas X MA Al-Fatah Sragi Songgon tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles & Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan pembelajaran aktif pada pelajaran aqidah akhlak dilaksanakan dengan menggunakan metode kartu arisan, dimana guru dan peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran. 2) Penerapan pembelajaran inovatif pada pelajaran aqidah akhlak dilaksanakan dengan menggunakan strategi guide note taking dan bank soal/ arisan yang dapat membangun inovasi siswa. 3) Pelaksanaan pembelajaran kreatif pada pelajaran akidah akhlak yaitu mengubah kegiatan yang menarik dengan metode audio visual dan menayangkan saat pembelajaran. Memanfaatkan lingkungan masjid dan dekat taman sekolah, untuk menunjang pembelajaran. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan mengunakan berbagai metode pembelajaran yang membangun kreatifitas siswa. 4) Penerapan pembelajaran aktif pada pelajaran aqidah ahlak dilaksanakan dengan melihat kondisi kelas dan keadaan peserta didik sehingga bisa memilih metode yang sesuai dan efektif. 5) Penerapan pembelajaran menyenangkan pada pelajaran akidah akhlak dilakukan dengan mengunakan metode yang telah dikuasai oleh guru untuk memotivasi siswa sehingga memiliki semangat belajar tinggi dan senang mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 29 Mar 2022 09:00
Last Modified: 29 Mar 2022 09:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item