Pendidikan Islam Berbasis Gender Dalam Perspektif Pemikiran Raden Ajeng Kartini dan Dewi Sartika.

Muh Novaldo Nurdi Irawan, - (2021) Pendidikan Islam Berbasis Gender Dalam Perspektif Pemikiran Raden Ajeng Kartini dan Dewi Sartika. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Muh Novaldo Nurdi IrawanA_(T20171386).pdf

Download (8MB)

Abstract

Muh Novaldo Nurdi Irawan, 2021: Pendidikan Islam Berbasis Gender Dalam Perspektif Pemikiran Raden Ajeng Kartini dan Dewi Sartika. Kata kunci : Pendidikan Islam, Gender, Pemikiran Kartini dan Dewi Sartika Pendidikan Islam Berbasis Gender yang dimaksud di sini adalah suatu pendidikan Islam yang berlandaskan pada kesetaraan gender (kelamin) atau persamaan hak antara laki-laki dan perempuan dalam memperoleh pendidikan. Fokus kajian dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana Pemikiran R.A Kartini dan Dewi Sartika Tentang Pendidikan Islam Berbasis Gender. 2) Mengapa R.A Kartini dan Dewi Sartika mencanangkan Gerakan Pendidikan Berbasis Emansipasi Wanita.3) Bagaimana Perkembangan Pendidikan Islam Berbasis Gender Dalam Perspektif Pemikiran R.A Kartini dan Dewi Sartika dewasa ini Adapun yang menjadi Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Pemikiran R.A Kartini dan Dewi Sartika Tentang Pendidikan Islam Berbasis Gender. Mengetahui latar belakang pemikiran R.A Kartini dan Dewi Sartika dalam Mencanangkan Gerakan Pendidikan Berbasis Emansipasi Wanita. Serta mengetahui Perkembangan Pendidikan Islam Berbasis Gender Dalam Perspektif Pemikiran R.A Kartini dan Dewi Sartika dewasa ini. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan Pendekatan Feminis, jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan (Library Research) yaitu, penelitian yang mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan ( buku). Dari segi objek penelitian, maka penelitian ini termasuk dalam penelitian historis, yang berupa penelaahan dokumen-dokumen secara sitematis dan merelevansikannya dengan konteks kekinian. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, 1) Pemikiran R.A Kartini dan Dewi Sartika tentang pendidikan Islam berbasis gender Menurut R.A Kartini dan Dewi Sartika yang dimaksud dengan Pendidikan Islam berbasis gender merupakan sebuah konsep proses berlangsungnya sebuah pendidikan yang berbasiskan akan ajaran Islam, yang memberikan hak dan kesempatan yang sama pada kaum lakilaki dan perempuan untuk mendapatkan pengajaran dan pengalaman yang sama yang tetap memperhatikan kodrat dari peran masing-masing. 2) Alasan R.A Kartini dan Dewi Sartika mencanangkan gerakan pendidikan berbasis emansipasi wanita. Alasan R.A Kartini dan Dewi Sartika mencanangkan sebuah gerakan pendidikan berbasis emansipasi wanita adalah, tidak lain dan tidak bukan yaitu dipengaruhi oleh keadaan lingkungan masyarakat di masa beliau berdua hidup. 3) Dirumuskannnya Perkembangan pembinaan pendidikan Islam berbasis gender perspektif pemikiran R.A Kartini dan Dewi Sartika dewasa ini, Dan bahwa konsep pemikiran mereka berdua relevan dengan ajaran Islam dan keadaan pendidikan di zaman modern ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 29 Mar 2022 09:00
Last Modified: 29 Mar 2022 09:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item