Strategi pembelajaran tematik di MIN III Bondowoso

Muhith, Abd (2018) Strategi pembelajaran tematik di MIN III Bondowoso. Project Report. IAIN Jember, Jember. (Unpublished)

[img] Text
Strategi pembelajaran tematik di MIN III Bondowoso.pdf

Download (730kB)

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari beberapa mata pelajaran atau beberapa disiplin ilmu yang tergabung dalam satu tema tertentu dengan proses pembelajaran yang bermakna, sesuai perkembangan siswa. Sebagai salah satu contoh kelas 1 semester 1 dengan tema Diriku, subtema Aku dan Teman Baru; yang didalamnya mencakup beberapa komponen mata pelajaran seperti halnya Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, SBDP, PJOK yang digabung dalam satu tema tertentu.
Pendekatan tematik integratif, tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Kegiatan pembelajaran sangat memberikan makna yang utuh terhadap peserta didik seperti tergambar dalam bebera tema. Aktivitas pembelajaran tersebut selaras dengan bebiasaan peserta didik usia SD/MI yang mempunyai tiga karakteristik utama dalam belajar yaitu secara nyata, mendalam dan terkait satu sama lain.
Pembelajaran tematik diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional sesuai dengan Undang-undang sistem pendidikan nasional untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran; pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 17 Sep 2019 05:43
Last Modified: 17 Sep 2019 05:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item