IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMPN 3 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

LUTFI, ARI SANDI (2021) IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMPN 3 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUTFI ARI SANDI_T20179083.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Lutfi Arisandi, 2021 Implementasi Discovery Learning pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 3 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata kunci: Discovery Learning, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Implementasi Discovery Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 3 Banyuwangi dilaksanakan secara daring maupun luring terbatas, hal ini dilaksanakan untuk memicu kreatifitas siswa dan pengembangan kemampuan intelegensi siswa-siswi agar keterampilan yang dipelajari dalam situasi belajar penemuan lebih mudah untuk ditransfer dalam beberapa kasus ke aktivitas baru dan diterapkan pada situasi belajar baru.
Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan Discovery Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 3 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022? (2)Bagaimana pelaksanaan Discovery Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 3 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022? (3) Bagaimana evaluasi Discovery Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 3 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari Milles and Huberman berikut langkah-langkah dari Milles and Huberman diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pada perencanaan guru IPS selalu memberikan stimulus agar siswa terpicu sebelum pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung. Dengan adanya pembelajaran di luar kelas secara berkala dikarenakan luringnya masih terbatas para siswa tetap antusias mengikuti pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. (2) Pada tahap pelaksanaan guru IPS selalu memberikan stimulus agar siswa terpicu sebelum pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung. Dengan adanya pembelajaran di luar kelas secara berkala dikarenakan luringnya masih terbatas para siswa tetap antusias mengikuti pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.(3) Pelaksanaan evaluasi dilakukan oleh guru-guru pada setiap minggunya, lebih tepatnya pada hari senin selesai upacara bendera guru-guru mengadakan evaluasi serta rapat selama beberapa jam. Tujuan evaluasi disini untuk memperbaiki dan mengembangkan model pembelajaran yang ada disana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190104 Visual Cultures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr LUTFI ARI SANDI
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:47
Last Modified: 05 Apr 2022 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5174

Actions (login required)

View Item View Item