Pengembangan Soal Matematika Tipe High Order Thingking Skill (HOTS) Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Pecahan Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember.

Zuraida Zurzaq, - (2021) Pengembangan Soal Matematika Tipe High Order Thingking Skill (HOTS) Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Pecahan Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Zuraida Zurzaq_T20177032.pdf

Download (17MB)

Abstract

Zuraida Zurzaq, 2021: Pengembangan Soal Matematika Tipe High Order Thingking Skill (HOTS) Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Pecahan Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. Kata Kunci: Pengembangan, soal HOTS, Nilai-nilai keislaman. Pendidikan nasional memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut yakni dengan melakukan perubahan kurikulum dari KTSP 2006 ke kurikulum 2013, menerapkan soal-soal yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan menanamkan nilai-nilai keislaman kepada peserta didik. Namun, masih banyak lembaga pendidikan yang belum menerapkannya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan soal matematika tipe HOTS terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi pecahan kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. 2) Mengetahui kelayakan soal matematika tipe HOTS terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi pecahan kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. 3) Mengetahui kualitas soal matematika tipe HOTS terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi pecahan kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah tipe formative Research yang dikembangkan oleh Tessmer. Fokus pengembangan yaitu soal matematika tipe HOTS terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi pecahan kelas VII. Adapun subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E SMP Plus Darus Sholah Jember. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Pengembangan soal matematika tipe HOTS terintegrasi nilai-nilai keislaman menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: a) tahap preliminary, b) tahap self evaluation, c) tahap prototyping (expert review, one-to-one, dan small group), d) tahap field test. 2) Kelayakan soal diperoleh bahwa soal layak digunakan karena valid, praktis, dan efektif. Kriteria kevalidan terpenuhi karena semua validator menyatakan valid dengan skor rerata 3,67. Kriteria kepraktisan dapat terpenuhi karena persentase aspek kepraktisan yang diperoleh 83,33% dengan kriteria praktis. Kriteria keefektifan dapat terpenuhi karena persentase aspek keefektifan yang diperoleh 65,42% dengan kriteria cukup efektif. 3) Kualitas soal diperoleh bahwa soal baik karena semua soal valid dan reliabel, untuk tingkat kesukaran sudah sesuai dengan proposional soal yang baik yaitu terdapat 1 soal dengan kategori sukar, 5 soal dengan kategori sedang, dan 3 soal dengan kategori mudah. Untuk efektivitas pengecoh pada soal pilihan ganda memiliki persentase 100% yang berarti semua soal memiliki efektivitas pengecoh yang berfungsi dengan baik. Namun, untuk daya pembeda terdapat 2 soal dengan kategori jelek, 2 soal dengan kategori cukup, dan 5 soal dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:19
Last Modified: 31 Mar 2022 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item View Item