Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020.

NUKE YUSUWANITA WARDANI, - (2021) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
NUKE YUSUWANITA WARDANI_T20169013.pdf

Download (12MB)

Abstract

Nuke Yusuwanita Wardani, 2021: Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Lingkungan Fisik Sekolah, lingkungan sosial sekolah Adanya perubahan kurikulum 2006 atau KTSP ke kurikulum 2013 yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, ditindaklanjuti oleh pihak sekolah untuk memprogram pembelajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan kurikulum 2013. Oleh karena itu sekolah mengarahkan guru IPS untuk melakukan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPS yang meliputi segala aspek yang berkaitan secara fisik seperti gedung-gedung kelas, aula, laboratorium, taman dan secara sosial, yaitu keakraban yang proprosional antar warga sekolah di MTs. Negeri 1 Blitar. Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pemanfaatan lingkungan fisik sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pemanfaatan lingkungan sosial sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan fisik sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 2) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sosial sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs. Negeri 1 Blitar. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pemanfaatan lingkungan fisik sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 dilakukan melalui kegiatan pembelajaran menggambar denah sekolah, kegiatan pembelajaran IPS berbasis internet di laboratorium multimedia dan kegiatan pembelajaran peduli lingkungan hidup. 2) pemanfaatan lingkungan sosial sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 dilakukan melalui kegiatan pembelajaran membuat kliping tentang hubungan keakraban warga sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:13
Last Modified: 31 Mar 2022 04:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5183

Actions (login required)

View Item View Item