Problematika Dalam Pembentukan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Pramuka Di Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kholish Usratil, Firdaus (2020) Problematika Dalam Pembentukan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Pramuka Di Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. UNSPECIFIED thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Kholish Usratil Firdaus_084 134 065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kholish Usratil Firdaus, 2020: Problematika Dalam Pembentukan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Pramuka Di Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: pramuka, kedisiplinan, MI Darus Salam Wuluhan Gerakan Pramuka merupakan organisasi padvinder atau kepanduan. Pendidikan kepanduan adalah proses pendidikan yang praktis, di luar lingkungan sekolah dan keluarga, yang dilakukan di alam terbuka dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan, sehat, teratur, dan terarah, yang sasaran akhirnya adalah terbentuknya watak kepribadian dan akhlak mulia. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana langkah pembina pramuka dalam menanamkan kedisiplinan pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) apa problematika dalam pembentukan kedisiplinan peserta didik melalui pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan langkah pembina pramuka dalam menanamkan kedisiplinan pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) mendeskripsikan problematika dalam pembentukan kedisiplinan peserta didik melalui pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi permasalahn tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menganalisa kegiatan pramuka dalam pembentukan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam kecamatan Wuluhan kabupaten Jember tahun pelajaran 2019/2020. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Langkah penanaman kedisiplianan pada peserta didik yang dilakukan Pembina pramuka yaitu dengan menggunakan bermacam metode pendidikan kepramukaan. Metode pendidikan kepramukaan yang digunakan diantaranya Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka (Darma Pramuka), Belajar sambil Melakukan (Praktik), Sistem Berkelompok, Sistem Among, sistem pembiasaan dan Sistem Tanda Kecakapan. 2) Semua problematika dalam pembinaan pramuka mulai dari yang mendasar seperti Kurangnya minat peserta didik, sudah teratasi dengan langkah para Pembina yang menerapkan bebagai macam metode pembinaan. Jumlah Pembina dan pelatih yang kurang memadai, kepala Madrasah sudah memberikan pelayanan yang maksimal dengan mempersiapkan tenaga pengajar yang lengkap sesuai dengan tingkatan kelasnya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:14
Last Modified: 31 Mar 2022 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item