Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Manajemen Peserta Didik di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember

Mahmud Abdul Ghofur, - (2021) Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Manajemen Peserta Didik di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Mahmud Abdul Ghofur_T20163076.pdf

Download (9MB)

Abstract

Mahmud Abdul Ghofur, 2021 : Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Manajemen Peserta Didik di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah berarti pemimpin yang mampu dalam mencipta, merumuskan, mengkomunikasikan, mensosialisasikan, mentransformasikan, dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran ideal yang berasal dari dirinya atau sebagai interaksi social diantara anggota organisasi serta mampu menggerakkan seluruh potensi menuju arah yang sesuai dengan kesepakatan bersama untuk menciptakan sekolah yang berkualitas. Manajemen Peserta Didik merupakan suatu layanan yang mengatur, mengawasi, dan melayani, peserta didik sejak pertama masuk sekolah sampai pesertadidik lulus dari sekolah dengan cara pengembangan minat, bakat, kemampuan, dan kebutuhan peserta didik tersebut yang meliputi; perencanaan peserta didik, penerimaan peserta didik baru, orientasi peserta didik baru, mengatur kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik di sekolah, mengatur pengelompokkan peserta didik, mengatur evaluasi peserta didik, mengatur kenaikkan tingkat peserta didik, mengatur pesertadidik yang mutasi dan drop out, dan mengatur kode etik pesertadidik. Berdasarkan uraian diatas, maka focus penelitian adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam manajemen peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember?, 2) Apa saja tantangan-tantangan kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam manajemen pesertadidik di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif teori milik Miles dan Huberman yang mengatakan analisis data terbagi menjadi tiga aktivitas bersamaan: (1). Kondensasi data, (2). Penyajian data, (3). Dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas data, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun beberapa kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1. Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam manajemen peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember adalah kemampuan kepala sekolah SMP Ainul Yaqin Ajung Jember dalam menciptakan visi dan misi yang jelas yang ada di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember. Sedangkan keterlibatan warga sekolah dalam menciptakan visi dan misi sekolah yaitu dengan cara ikut serta merumuskan, melaksanakan, mencapai tujuan dari misi sekolah yang berdasarkan visi yang telah dibuat oleh kepala sekolah 2. Tantangan-tantangan kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam manajemen peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember terletak pada proses perekrutan/penerimaan peserta didik baru dan juga karena kurangnya sarana dan prasarana dalam perekrutan/ penerimaan peserta didik baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 31 Mar 2022 08:05
Last Modified: 31 Mar 2022 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5188

Actions (login required)

View Item View Item