Analisis Kualitas Isi Pada Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi SMA Kelas X Semester Ganjil Berbasis Kurikulum 2013.

ITA FITRIA NINGSIH, - (2021) Analisis Kualitas Isi Pada Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi SMA Kelas X Semester Ganjil Berbasis Kurikulum 2013. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
ITA FITRIA NINGSIH_T20168013.pdf

Download (15MB)

Abstract

Ita Fitria Ningsih, 2020: Analisis Kualitas Isi Pada Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi SMA Kelas X Semester Ganjil Berbasis Kurikulum 2013. Kata Kunci:Kualitas isi, Lembar Kerja Siswa (LKS), Kurikulum 2013 LKS merupakan lembaran-lembaran yang berisi informasi dan instruksi untuk mengerjakan suatu kegiatan belajar seperti mengerjakan tugas atau latihan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena pentingnya lembar kerja siswa dan banyak digunakan pendidik sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran maka perlu untuk dianalisis kualitas isi lembar kerja siswa. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kelengkapan komponen pada LKS Biologi SMA kelas X Semester ganjil berbasis Kurikulum 2013 penerbit Graha Printama Selaras dan PT. Intan Pariwara ?. 2) Bagaimana kualitas materi pada LKS Biologi SMA kelas X Semester ganjil berbasis Kurikulum 2013 penerbit Graha Printama Selaras dan PT. Intan Pariwara?. 3) Bagaimana kualitas soal pada LKS Biologi SMA kelas X Semester ganjil berbasis Kurikulum 2013 penerbit Graha Printama Selaras dan PT. Intan Pariwara?. 4) Bagaimana kualitas bahasa pada LKS Biologi SMA kelas X Semester ganjil berbasis Kurikulum 2013 penerbit Graha Printama Selaras dan PT. Intan Pariwara?. Untuk menganalisis LKS tersebut, Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber data sekaligus objek penelitiannya yakni LKS Biologi SMA kelas X Semester ganjil berbasis Kurikulum 2013 Penerbit PT. Graha Printama Selaras dan penerbit PT. Intan Pariwara. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumen dan observasi. Analisis datanya menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kelengkapan komponen pada LKS Graha dan LKS Intan mendapatkan hasil yang sesuai yakni 100% masuk pada kategori sangat baik. 2) Kualitas materi dilihat dari kesesuaian dengan kompetensi dasar LKS Graha menunjukkan hasil berkategori sangat baik dan LKS Intan menunjukkan hasil berkategori sangat baik , kesesuaian materi dengan indikator LKS Graha menunjukkan hasil berkategori kurang sekali dan LKS Intan menunjukkan hasil berkategori baik. 3) Kualitas soal pilihan ganda dilihat dari materi, kontruksi, dan bahasa pada LKS Graha memperoleh hasil berkategori cukup dan LKS Intan memperoleh hasil berkategori baik. Sedangkan soal uraian pada LKS Graha memperoleh hasil berkategori baik dan LKS Intan memperoleh hasil berkategori baik. 4) kualitas bahasa menggunakan formula grafik fry, pada LKS Graha bab 1, 2 memiliki hasil kelas yang sesuai sedangkan bab 3 diperoleh hasil yang tidak sesuai dan LKS Graha bab 2, 3 memiliki hasil kelas yang sesuai dan bab 1 dihasilkan kelas yang tidak sesuai. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua LKS layak untuk digunakan, namun harus didampingi buku pendamping sehingga kekurangan dari ke dua LKS tersebut dapat diatasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 31 Mar 2022 08:06
Last Modified: 31 Mar 2022 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item View Item