Motivasi Belajar Siswi Bercadar di Madrasah Aliyah A-Islah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

MAHFUD, - (2021) Motivasi Belajar Siswi Bercadar di Madrasah Aliyah A-Islah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MAHFUD_T20161205.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mahfud, 2020: Motivasi Belajar Siswi Bercadar di Madrasah Aliyah A-Islah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Kata kunci: Motivasi belajar, siswi bercadar, Madrasah Aliyah Al-Islah. Motivasi belajar begitu penting perannya dalam sebuah proses pembelajaran, baik yang bersifat formal maupun Non-formal. Besarnya motivasi belajar juga mempengaruhi proses belajar serta hasil belajar yang merupakan salah satu tujuan dari sebuah proses belajar, di samping itu faktor-faktor yang turut mendukung motivasi belajar sangat perlu untuk diperhatikan demi terciptanya motivasi belajar yang baik. Madrasah Aliyah Al-Islah memiliki sejumlah peseta didik yang cukup besar dan di dalam praktik pembelajaran di kelas menerapkan sistem homogen, jadi antara peserta didik perempuan dan peserta didik laki-laki belajarnya terpisah. Untuk peserta didik perempuan diwajibkan untuk menggunakan cadar dalam kesehariannya ketika bertatap dengan seorang laki-laki baik itu sesama peserta didik ataupun guru. Penerapan pemakaian cadar memiliki beberapa berfungsi bagi motivasi belajar bagi siswi bercadar Madrasah Aliyah Al-Islah. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) bagaimana motivasi belajar siswi bercadar di Madrasah Aliyah Al-Islah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember?, 2) bagaimana faktor pedukung motivasi belajar siswi bercadar di Madrasah Aliyah Al-Islah? Sedangkan tujuan penelitian skripsi ini adalah 1) Mendeskripsikan motivasi belajar siswi bercadar di Madrasah Aliyah Al-Islah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember, 2) Mendeskripsikan faktor pedukung motivasi belajar siswi bercadar di Madrasah Aliyah Al-Islah. Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah fenomenologi, subyek penelitian ditentukan melalui teknik purposive dan snowball, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data atau verifikasi data. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian: 1) Motivasi belajar siswi bercadar Madrasah Aliyah AlIslah terbantu oleh penerapan pemakaian cadar dalam kesehariannya, cadar menjaga pandangan penglihatan antara siswi bercadar dengan kaum laki-laki, dari sini motivasi belajar siswi bercadar terjaga dan penerapan pemakaian cadar meminimalisir gangguan dalam melakukan proses pembelajaran.2) motivasi belajar siswi bercadar terdukung oleh beberapa hal yakni yang paling utama penerapan pemakaian cadar yang berfungsi mengurangi gangguan belajar, menjaga agar perilaku senatiasa terkontrol dalam kesehariannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 31 Mar 2022 08:08
Last Modified: 31 Mar 2022 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5195

Actions (login required)

View Item View Item