Khotimatul Masruroh, - (2021) Pembelajaran Materi Pecahan Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah 02 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Khotimatul Masruroh_T20164070.pdf Download (6MB) |
Abstract
Khotimatul Masruroh (T20164070), 2021: Pembelajaran Materi Pecahan Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah 02 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Pembelajaran diartikan sebagai suatu proses kegiatan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi program pengajaran. Keberhasilan suatu pembelajaran tergantung pada interaksi guru dengan peserta didik. Banyak peserta didik yang menganggap bahwa mata pelajaran matematika itu sulit. Untuk itulah kemampuan anak berpikir kritis dalam pembelajaran Matematika perlu dilatih untuk mempersiapkan anak agar dapat menghadapi dunia sekitarnya. diperlukan suatu perubahan dalam proses pembelajaran yaitu salah satunya dengan menerapkan pembelajaran matematika secara baik dan tepat agar minat belajar siswa meningkat. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Pembelajaran Materi Pecahan Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah-Safi’iyah 02 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/ 2021 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Pembelajaran Materi Pecahan Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah SalafiyahSafi’iyah 02 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Tekhnik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan tekhnik kondensasi data, penarikan data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan tekhnik triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Berdasarkan hasil temuan penelitian tentang Pembelajaran Materi Pecahan Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah-Safi’iyah 02 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/ 2021, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan meliputi: merumuskan tujuan dan menetapkan materi, penyusunan Silabus dan RPP yang dibuat pada awal tahun, proses menyiapkan strategi, media dan pemilihan bentuk belajar, merencanakan evaluasi yang akan dilakukan pada materi pecahan matematika untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang diperuntukkan siswa. 2) Pelaksanaan meliputi: Salam, Membaca Do’a, Apersepsi dan Motivasi. Kegiatan Inti yang melaksanakan: Pemberian materi, penggunaan metode demonstrasi, penggunaan media gambar dan benda nyata. Kegiatan Penutup yang meliputi: memberikan gambaran menyeluruh terhadap materi melalui kuis dan tanya jawab, berdoa dan mengucapkan salam. 3) Evaluasi meliputi: evaluasi harian seperti mengadakan pres-test dan post-test, evaluasi formatif seperti mengadakan ujian ketika 1 bab sudah berakhir atau selesai dan evaluasi sumatif seperti ulangan akhir semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 08:09 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 08:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5198 |
Actions (login required)
View Item |