“Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Mambaul Ulum Desa Kramat Sukoharjo Kec. Tanggul Kab. Jember Tahun Ajaran 2019/2020”

Niami, - (2020) “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Mambaul Ulum Desa Kramat Sukoharjo Kec. Tanggul Kab. Jember Tahun Ajaran 2019/2020”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Niami_T20164075.pdf

Download (4MB)

Abstract

Niami, 2020 “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Mambaul Ulum Desa Kramat Sukoharjo Kec. Tanggul Kab. Jember Tahun Ajaran 2019/2020” Dalam proses pembelajaran yang konvensional lebih cenderung menghasilkan pembelajaran yang monoton bagi peserta didik apalagi pembelajaran SKI. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada kenyataannya sering kali kurang memberikan kreativitas peserta didik yang maksimal, sehingga pada ahirnya peserta didik kehilangan konsentrasi, merasa bosan pada saat pembelajaran. Hal tersebut sangat berpengaruh pada motivasi belajar siswa sehingga mengakibatkan prestasi belajar peserta didik menurun. Kegiatan diskusi juga kurang memaksimalkan partisipasi teman, sehingga siswa lain terdominasi dan sulit untuk mengemukakan pendapatnya didepan teman-temannya. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan proses pembelajaran yang lebih menarik, inovatif, kreatif dan interaktif. Salah satunya adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana perencanaan, bagaimana pelaksanaan dan bagaimana proses evaluasi pembelajaran Role Playing di MI Mambaul Ulum Desa Kramat Sukoharjo Tanggul. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan proses evaluasi pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didukung dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dengan jenis penelitan adalah deskprif. Pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu atau purposive sampling. Untuk menganalisis data menggunakan teori Miles Huberman dan Saldana, yaitu dengan kondensasi, penyajian dta dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Berasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa sebelum melaksanakan kegiatan proses Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing pada pembelajaran SKI. Guru membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP, Silabus, Media berupa naskah drama dan perangkat pembelajaran lainnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sedangkan dalam evaluasi pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing menggunakan dua evaluasi yaitu: evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Desa Kramat Sukoharjo. Motivasi siswa menunjukkan peningkatan dibandingkan sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Hal ini bisa di lihat dari prestasi siswa, sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Role Playing prestasi siswa 70% nilainya dibawah KKM, sedangkan setelah guru mulai menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Role Playing prestasi siswa 60% diatas KKM. Pembelajaran kooperatif tipe Role Playing yang diterapkan oleh guru membuat kelas lebih efektif, tidak monoton bahkan bisa menumbukan semangat belajar siswa sehingga yang sebelumnya siswa tidak semangat menjadi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 31 Mar 2022 08:09
Last Modified: 31 Mar 2022 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item