IMAS AMALIA NURISWATI, 084 121 088 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) DI MADRASAH DINIYAH AL-JUNAIDI DESA NOGOSARI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
COVER.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (381kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Imas Amalia Nuriswati, 2016: Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Di
Madrasah Diniyah Al-Junaidi Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember
Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penerapan Strategi pembelajaran Active Learning Di Madrasah Diniyah Al-Junaidi
Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah
suatu usaha seorang guru pendidikan untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan dengan
mengajak siswa belajar aktif di Madrasah Diniyah Al-Junaidi Di Desa Nogosari dengan
menggunakan, metode tanya jawab, metode diskusi, metode jigsaw, metode problem solving,
resitasi, metode latihan, metode praktek.
Berdasarkan uraian diatas maka yang menjadi fokus penelitian: (1)Bagaimana
penerapan strategi pembelajaran Active Learning di Madrasah Diniyah Al-Junaidi di Desa
Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/2017.(2)Apa yang
menjadi faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran Active Learning di
Madrasah Diniyah Al-Junaidi di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember
Tahun pelajaran 2016/2017.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan penerapan strategi
pembelajaran Active Learningdi Madrasah Diniyah Al-Junaidi di Desa Nogosari Kecamatan
Rambipuji Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/2017. (2)Untuk mendeskripsikan apa
saja faktor–faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran Active
Learning di Madrasah Diniyah Al-Junaidi di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji
Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, metode interview dan
metode dokumentasi. Analisa datanya menurut Milles and Huberman yang meliputi reduksi
data, penyajian data, verification/ penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan
Trianggulasi sumber dan trianggulasi Teknik/ Metode.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: Penerapan Strategi pembelajaran Active
Learning Di Madrasah Diniyah Al-Junaidi Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah berjalan dengan lancar walaupun masih ada
kekurangan. Metode yang digunakan yaitu, tanya jawab, diskusi, jigsaw, problem solving,
resitasi, latihan, demonstrasi atau praktek. Guru juga banyak memberikan motivasi agar
siswa berminat terhadap materi yang disampaikan.
Faktor pendukung dalam pembelajaran yaitu adanya minat siswa belajar yang tinggi,
adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk proses pembelajaran. Faktor
penghambat yaitu adanya sebagian siswa yang masih tidak mau mengemukakan pendapatnya
serta dilihat dari perbedaan latar belakang dari setiap siswa
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 03:25 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 03:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/52 |
Actions (login required)
View Item |