Sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember Tahun 2010/2011

Ahmadi, Ahmadi (2011) Sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember Tahun 2010/2011. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Ahmadi_NIM.084071119.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan agama merupakan bagian dari pendidikan yang amat penting
berkenaan dengan aspek-aspek sikap dan nilai, antara lain akhlak dan keagamaan,
oleh karena itu pendidikan agama juga menjadi tanggung jawab keluarga,
masyarakat dan pemerintah.
Tujuan pendidikan nasional memiliki relevansi dengan tujuan Pendidikan
Agama Islam yang muaranya adalah untuk menciptakan insal kamil yang
memiliki, ketauhidan dan keislaman, yang didalamnya juga mencerminkan
adanya akumulasi tiga aspek pendidikan yang meliputi kognifif, afektif dan
pskomotorik.
Pendidikan Agama Islam sebagai bidang study yang diberikan di setiap
lembaga pendidikan adalah sebagai salah satu upaya mentranformasikan nilainilai moral yang islami pada peserta didik sehingga memiliki sikap moral yang
tangguh dan tanggap terhadap fenomena yang mengarah pada degradasi moral
sebagai akibat adanya era globalisasi informasi yang sarat dengan muatan nilainilai yang sifatnya tidak islami sulit untuk dihindari. Pendidikan islam dalam hal
ini sangat fundamental sebagai kendali moral, bagi peserta didik.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka yang menjadi masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember tahun
2010/2011? karena itu yang menjadi tujuan penelitian adalah Untuk
mendeskripsikan sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah
Aliyah Bustanul Ulum Buligading Bangsalsari Jember,
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif,
penelitian ini mengambil lokasi Madrasah Aliyah Bustanul ulum Bulugading
Bangsalsari jember , metode pengumpulan data menggunakan observasi,
interview dan documentasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif
reklektif, dan penentuan sampel disini Kepala Madrasah, Guru agama, waka
kurikulum, TU dan siswa.
Penelitian yang hasilnya dituangkan dalam skripsi ini dilakukan di
Madrasah Aliyah Busatanul Ulum, pertama terkait dengan dasar dan tujuan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam tetap mengacu kepada Al-quran dan hadist
serta Undang-Undang Sikdiknas dan pskologi, yang tujuannya dari pembelajaran
untuk menjadikan insan kamil yang memiliki nila-nilai keislaman yang nantinya
bisa diaplikasikan. Kedua materi pendidikan Islam yang disampaikan meliputi
Aqidah, Syariah dan akhlak, dan dijabarkan menjadi keimanan, ibadah, Al-Quran,
Akhlah, SKI dan bahasa arab, didalam pelaksanaan penyampaian materi sudah
berjalan sebagaimana mestinya, ketiga metode yang digunakan dalam sistem
pembelajaran pendidikan Agama Islam adalah metode ceramah, Tanya jawab,
demontrasi dan penugasan/resitasi, sedangkan metode diskusi kurang begitu diterapkan karena kurang efektif. Keempat sistem evaluasi Pendidikan Agama
Islam di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum sudah berjalan sesuai dengan yang
direncanakan guru ada evaluasi sumatif, formatif dan diagnostik.Kesimpulannya
Sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Bustanul Ulum Bulugading
Bangsalsari jember sudah sesuai dengan KTSP atau kurikulum yang ditentukan
oleh Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sistem pendidikan; PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 19 Sep 2019 07:41
Last Modified: 04 Nov 2019 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item