Implementasi Ekstrakurikuler Paduan Suara Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember

Imroatus Sholihah, - (2021) Implementasi Ekstrakurikuler Paduan Suara Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Imroatus Sholihah_T20164029.pdf

Download (28MB)

Abstract

Imroatus Sholihah, 2020: Implementasi Ekstrakurikuler Paduan Suara Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember Kata Kunci: Implementasi Ekstrakurikuler Paduan Suara, Bakat Dan Minat Ekstrakurikuler merupakan wadah untuk mengembangkan bakat serta minat peserta didik. Sekolah harus memberikan wadah sesuai dengan bakat serta minat peserta didik yang diinginkan. Salah satunya ada bakat serta minat dibidang seni. Di MI Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember terdapat ekstrakurikuler paduan suara yang di buat untuk mengembangkan bakat serta minat peserta didik di bidang seni. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi perencanaan ekstrakurikuler paduan suara dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi ekstrakurikuler paduan suara dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember? 3) Bagaimana Evaluasi implementasi ekstrakurikuler paduan suara dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi implementasi ekstrakurikuler paduan suara dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis menggunakan studi kasus. Penentuan infoman menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan konsep dari milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan yaitu: a) Peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler paduan suara harus mempunyai bakat dan minat di bidang paduan suara. b) Pembina ekstrakurikuler paduan suara dipilih secara selektif oleh waka kesiswaan dan harus mempunyai kemampuan dibidang paduan suara. d) Peserta didik yang mengikuti paduan suara dibimbing agar bisa tampil pada setiap upacara bendera serta beberapa kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pihak sekolah. e) koordinator sekaligus pembina menuliskan perencanaan yang dipersiapkan sebelum diadakannya kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. 2) Pelaksanaan yaitu: a) Dilaksanakan satu minggu satu kali setiap hari sabtu jam 2 siang b) Melakukan teknik vokal a, i, u, e, o,. c) Melakukan teknik pernafasan diafragma. d) Menyanyikan lagu nasionalisme dan lagu-lagu tradisonal. 3) Evaluasi yaitu: a) Evaluasi dilakukan setiap satu bulan sekali b) Evaluasi dilakukan dengan menggunakan rapot pengembangan peserta didik. c) Peserta didik dipilah-pilah sesuai dengan nilai rapot yang didapatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 02 Apr 2022 01:27
Last Modified: 02 Apr 2022 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5211

Actions (login required)

View Item View Item