Implementasi Media Simulator dalam Evaluasi Praktik Perawatan Jenazah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Khusnul Khotimah, - (2021) Implementasi Media Simulator dalam Evaluasi Praktik Perawatan Jenazah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Khusnul Khotimah_T20161238.pdf

Download (6MB)

Abstract

Khusnul Khotimah, 2021: Implementasi Media Simulator dalam Evaluasi Praktik Perawatan Jenazah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Kata Kunci : Media Simulator, Evaluasi Media simulator merupakan media atau alat yang dapat digunakan dalam simulasi pembelajaran, kegiatan simulasi tersebut dapat memudahkan peserta didik untuk memahami pembelajaran salah satunya adalah materi perawatan jenazah. Materi perawatan jenazah diperlukan media pembelajaran yang dapat mendukung pelaksanaannya karena materi tersebut tidak dapat dipahami secara teori saja akan tetapi juga diperlukan praktik. SMAN 2 Jember salah satu sekolah yang memiliki media pembelajaran lengkap seperti media simulator perawatan jenazah, media tersebut digunakan dalam proses evaluasi praktik seluruh siswa kelas XII. Fokus yang diteliti adalah : 1) Bagaimana pemantapan materi praktik perawatan jenazah pra evaluasi belajar tahap akhir (EBTA) dengan menggunakan media simulator di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan evaluasi belajar tahap akhir (EBTA) praktik perawatan Jenazah dengan menggunakan media simulator di SMA Negeri 2 jember tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemantapan Pra EBTA dan pelaksanaan EBTA dalam praktik perawatan jenazah di SMA Negeri 2 Jember . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian melibatkan: kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan kualitatif field research yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu kondensasi data, penyajian data verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data yang digunakan yakni dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan:1) Dalam pemantapan materi dan praktik pra EBTA pada perawatan jenazah pendidik memberikan penguatan kepada siswa-siswi kelas XII setiap kelas diberikan secara teori dan latihan praktik secara berulang-ulang kemudian guru memberikan masukan dan saran sebagai bahan evaluasi pemantapan. 2) Dalam EBTA praktik siswa diberikan kebebasan untuk praktik mereka dapat mempraktikan sesuai dengan kesepakatan masing-masing kelas sehingga peserta didik dapat mempraktikan sesuai dengan adat dan kebiasaan yang dilakukan di lingkungan masyarakat seperti memandikan jenazah dengan daun kelor, ritual pemberangkatan jenazah, melemparkan beras kuning yang dicampurkan dengan uang koin dan siswa mampu berakting sesuai dengan peran masing-masing siswa berdasarkan kesepakatan. Selain itu siswa mampu bekerja sama dengan siswa-siswi non muslim dalam mempersiapkan alat yang dibutuhkan serta dokumentasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 02 Apr 2022 01:29
Last Modified: 02 Apr 2022 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item