Bety Mardiana, - (2021) Penerapan Strategi Guided teaching dalam Pembelajaran Fiqih Kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Gugut Kecamatan Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Bety Mardiana_T20164057.pdf Download (5MB) |
Abstract
Bety Mardiana, 2020: Penerapan Strategi Guided teaching dalam Pembelajaran Fiqih Kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Gugut Kecamatan Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Strategi guided teaching dilaksanakan karena minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Gugut Kecamatan Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 yang tergolong rendah. Agar siswa memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran maka Strategi Guide Teaching diberikan dalam pembelajaran Fiqih. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi guided teaching dalam pelajaran Fiqih kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Gugut Kecamatan Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?, (2) Bagaimana pelaksanaan strategi Guided teaching dalam pelajaran Fiqih kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Gugut Kecamatan Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Dan (3) Bagaimana evaluasi strategi Guided teaching dalam pembelajaran Fiqih kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Gugut Kecamatan Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan strategi Guided teaching dalam pembelajaran Fiqih kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Gugut Kecamatan Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi Guided teaching dalam pembelajaran Fiqih kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Gugut Kecamatan Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 dan (3) Mendeskripsikan evaluasi strategi Guided teaching dalam pembelajaran Fiqih kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Gugut Kecamatan Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dengan keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Dalam perencanaan guru melakukan merencanakan tujuan, materi, media, langkah-langkah, alokasi waktu dan evaluasi, (2) Pelaksanaan strategi Guided teaching guru melakukan langkah-langkah yaitu a) guru menyampaikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik, b) Memberikan waktu beberapa menit kepada siswa untuk menjawab pertanyaan, c) Minta siswa menyampaikan hasil jawaban mereka, d) Guru menyampaikan poin-poin utama dari materi dan e) Meminta siswa untuk membandingkan jawaban mereka dengan poin-poin yang telah disampaikan guru, (3) Dalam pembelajaran menggunakan strategi Guided teaching tersebut dalam evaluasi awal menggunakan presentasi (menjelaskan apa yang dijelaskan oleh guru sebelumnya), dan pada evaluasi akhir menggunakan evaluasi tes lisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 01:29 |
Last Modified: | 02 Apr 2022 01:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5218 |
Actions (login required)
View Item |