“Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Tanggul.”

Za’imatun Nur Inayah,, - (2020) “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Tanggul.”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Za’imatun Nur Inayah_T20161035.pdf

Download (8MB)

Abstract

Za’imatun Nur Inayah, 2020: “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Tanggul.” Kurikulum 2013 Revisi merupakan wujud penyempurnaan kurikulum yang berbasis karakter sekaligus berbasis kompetensi dan diberlakukan secara berangsur-angsur tahun ajaran 2017/2018, yakni pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. SMA Negeri 2 Tanggul merupakan salah satu lembaga yang menerapkan Kurikulum 2013 Revisi atau yang disebut K13 Revisi. Implementasi kurikulum diberbagai sekolah dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan masing-masing. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Tanggul?, 2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Tanggul?, dan 3) Bagaimana evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Tanggul? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif dengan model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Tanggul, yaitu menyiapkan kalender pendidikan, rencana pekan efektif, program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam menyusun RPP guru lebih menekankan pada karakteristik Kurikulum 2013 Revisi yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Tanggul dilakukan dengan tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan akhir atau penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru mengawali dengan membaca doa atau asmaul husna bersama, menyanyikan lagu nasional sebagai bentuk penerapan karakter nasionalisme, memberikan motivasi agar peserta didik semangat dalam pembelajaran, guru melakukan pre tes untuk materi pertemuan sebelumnya atau materi yang akan dibahas, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti guru PAI melaksanakan dengan mengintegrasikan PPK, literasi, 4C, dan HOTS serta mengutamakan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan pada kegiatan akhir atau penutup guru menyimpulkan materi bersama peserta didik, memberikan post test, dan tindak lanjut berupa penugasan. 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Tanggul dilakukan secara tes dan non tes dengan tiga aspek penilaian yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 02 Apr 2022 01:29
Last Modified: 02 Apr 2022 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5219

Actions (login required)

View Item View Item