Peran kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.

YUSRO WALIDI, - (2020) Peran kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Yusro Walidi_T20163063.pdf

Download (34MB)

Abstract

Yusro Walidi, 2020: Peran kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Kepala madrasah merupakan figur penting dalam struktur kelembagaan. Tidak heran jika kepala madrasah menjadi kunci sentral yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap seluruh warga madrasah, khususnya bagi guru untuk membangun serta meningkatkan kinerja guru untuk lebih baik lagi, yakni dengan mengfungsikan salah satu peran kepala madrasah sebagai sepervisor. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaiamana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam menyusun program supervisi untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam melaksanakan program Supervisi untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? (3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai Supervisor dalam evaluasi dan tindak lanjuti program supervisi untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penyusunan program supervisi untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program supervisi untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dan tindak lanjut program supervisi untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif miles huberman melalui langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data yang di gunakan adalah triangulasi, tehnik, dan sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan; (l) peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam menyusun program supervisi untuk meningkatkan kinerja guru di madrasah yaitu dengan menyusun progran supervisi dengan melibatkan guru, serta bekerjasama dengan seluruh pihak madrasah untuk meningkatkan kualitasnya dengan penyusunan RPP dan Jurnal kegiatan pembelajaran. (2) peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam pelaksanaannya, kepala madrasah melakukan kunjungan kelas setiap harinya, , memberi motivasi kepada guru, pembinaan disiplin guru, memberi konsultasi, serta melaksanakan supervisi pembuatan RPP berupa menerapan metode pembelajara variatif, menerapan kurikulum dan penggunaan media pembelajaran yang di sediakan di tiap ruang kelas guna menunjang proses pembelajaran secara efektif dan efisien. (3) peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam evaluasi dan tindak lanjut dari program supervisi ini kepala madrasah melakukan pengawasan administrasi serta mengikut sertakan guru untuk mengikuti kegiatan Workshop guna untuk menunjang kinerja serta pembelajaran menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:37
Last Modified: 05 Apr 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5240

Actions (login required)

View Item View Item