Pengembangan E-Modul Berbasis Software Exe- Learning pada Materi Cahaya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII

Siti Nurhalimah, - (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Software Exe- Learning pada Materi Cahaya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Tadris IPA.

[img] Text
Siti Nurhalimah_T201710056.pdf

Download (7MB)

Abstract

Siti Nurhalimah, 2021: Pengembangan E-Modul Berbasis Software Exe- Learning pada Materi Cahaya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII Kata Kunci: E-Module, Exe-Learning, Cahaya Media pembelajaran berupa e-modul merupakan bahan ajar elektronik yang disusun secara lengkap dan sistematis meliputi tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Berdasarkan hasil pra-penelitian dengan melakukan wawancara dan analisis kebutuhan didapatkan bahwa dalam pembelajaran siswa di SMPN 2 balung mengalami kesulitan pada pembahasan kajian bidang IPA khusunya topik- topik fisika materi cahaya. Materi cahaya bersifat konseptual dan perhitungan. Oleh karena itu, berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran berupa e-modul berbasis Software Exe-Learning pada materi cahaya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan validitas isi e- modul berbasis Software Exe-Learning pada Materi Cahaya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. 2) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan e-modul berbasis software exe-learning pada materi cahaya untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan oleh Thiagarajan yaitu 4-D (Define, Design, Development, Disseminate), namun hanya dilaksanakan sampai tahap development. Validasi E-Modul dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan pendidik. Analisis data yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan data berupa skor (persentase), sedangkan kualitaif merupakan data berupa komentar dan saran dari ahli materi, ahli media, pendidik serta respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas melalui validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 95,87% dengan kategori “Sangat Valid”, ahli media diperoleh skor rata-rata 93,06% dengan kategori “Sangat Valid” dan ahli pendidik diperoleh skor rata-rata 96,75% dengan kategori “Sangat Valid”. Pada tahap uji coba produk respon siswa diperoleh skor rata-rata 86,44% dengan kriteria sangat menarik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis software exe- learning pada materi cahaya yang telah dikembangkan memenuhi validitas dan kemenarikan sebagai media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:41
Last Modified: 05 Apr 2022 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5254

Actions (login required)

View Item View Item