Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji - Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

M. Khoiru Rojabil M., - (2021) Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji - Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
M. Khoiru Rojabil M._T20161039.pdf

Download (9MB)

Abstract

M. Khoiru Rojabil M. 2021: Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji - Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Metode Resitasi, Hasil Belajar Metode resitasi (penugasan) ini dalam pembelajaran siswa dapat mengeksplor lebih dalam pengertian terhadap pelajaran yang telah diterimanya, melatih siswa untuk belajar mandiri, memanfaatkan waktu luang, melatih untuk menemukan sendiri cara-cara yang tepat untuk menyelesaikan tugas dan memperkaya pengalaman belajar siswa disekolah melaui kegiatan belajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan demikian dapat menanamkan akan pentingnya arti belajar dan manfaat belajar bagi dirinya sehingga siswa akan termotivasi untuk semangat dan giat dalam belajar sehingga hasil belajar siswa akan menjadi maksimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan metode resitasi dengan pembelajaran secara konvensional pada mata pelajaran Fikih kelas X di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji – Jember tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Noequivalent Control Group Design dan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling dengan kelas X (PA) sebanyak 34 siswa menjadi kelas eksperimen dan kelas X (PI) sebanyak 22 siswa menjadi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes berupa pretest dan posttest, sedangkan non-tes dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan menggunakan uji U Mann Whitney Test karena data yang didapat tidak berdidtribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pretest siswa kelas eksperimen sebesar 51,18 dan kelas kontrol sebesar 51,36 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,883 > 0,05 maka tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pretest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan rata-rata hasil belajar posttest siswa pada kelas eksperimen sebesar 83,82 dan pada kelas kontrol sebesar 75,91 dengan nilai Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,008 < 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar posttest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Karena ada perbedaan hasil belajar Fikih kelas X yang signifikan maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas X Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji – Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:42
Last Modified: 05 Apr 2022 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item