Model pemikiran Islam dalam konteks pengembangan pendidikan; studi terhadap madzhab-madzhab pendidikan Islam

Umam, Khotibul (2016) Model pemikiran Islam dalam konteks pengembangan pendidikan; studi terhadap madzhab-madzhab pendidikan Islam. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 7 (2). ISSN 2085-3815

[img] Text
Model pemikiran Islam dalam konteks pengembangan pendidikan; studi terhadap madzhab-madzhab pendidikan Islam.pdf - Published Version

Download (224kB)

Abstract

Pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi Islam yang unggul dan berkualitas. Dengan demikian, pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi problem dan tantangan di masa depan. Pendidikan dalam maknanya yang lebih luas senantiasi menstimulir dan menyertai perubahan-perubahan dan perkembangan umat manusia, sedang upaya pendidikan diharapkan mampu menghantarkan dan membimbing perubahan serta perkembangan hidup serta kehidupan manusia. Pendidikan Islam merupakan salah satu bidang studi Islam yang mendapat perhatian dari para ilmuwan. Hal tersebut, di samping perannya yang amat strategis dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) juga di dalamnya pendidikan Islam terdapat berbagai masalah yang sangat kompleks. Untuk menjawab tantangan dan perubahan zaman serta era modernitas, baik dalam konteks keagamaan, IPTEK, sosial budaya, ekonomi, HAM, lingkungan hidup, maupun persoalan kultural pada umumnya, dapat dicermati melalui empat model pemikiran ke-Islam-an, yaitu tekstual salafi, tradisional mazhabi, modernis dan neo-modernis. Sedangkan dalam usaha untuk mengembangkan pendidikan Islam tersebut terdapat empat aliran yaitu progresifisme, esensialisme, parenialisme dan rekonstruksionisme. Berangkat dari fenomena di atas, tulisan ini mencoba mengungkap model pemikiran Islam dalam konteks pengembangan pendidikan; studi terhadap madzhab-madzhab pendidikan Islam yang dipaparkan dalam empat pembahasan diantaranya; 1) Konsep dasar pengembangan pendidikan Islam, 2) Model pemikiran pengembangan pendidikan Islam, 3) Madzhab pendidikan Islam relevansinya dengan pendidikan Islam sekarang, dan 4) Menentukan rumusan sistem pendidikan yang Islami.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: model pemikiran Islam; pengembangan pendidikan; madzhab pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 04 Nov 2019 06:27
Last Modified: 04 Nov 2019 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item